Politik Identitas: PB HMI, Tunjukkan Taring Kekuasaanmu! -->

Politik Identitas: PB HMI, Tunjukkan Taring Kekuasaanmu!

Selasa, 16 Agustus 2022, 19:22

OPINI, Sulselpos.id - Hari ini tertanggal 16 Agustus 2022, terhitung sudah sembilan (9) bulan sejak Musyawarah Daerah Kohati (Musdakoh) Badko HMI Sulawesi Tenggara diselenggarakan pada tanggal 12-14 November 2021 di Wisma HMI Cabang Kendari. Jika dihitung dalam usia kandungan manusia maka sudah waktunya generasi baru terlahir ke dunia.

 Namun, melihat kondisi tubuh induknya yang telah renta dan tak lagi kuat menahan hantaman politik identitas maka sepertinya generasi tersebut tidak akan terlahir dan mati sebelum memamerkan suara tangisannya. Sepakat? Berkaca pada dualisme PB HMI setahun yang lalu, maka sejatinya politik identitas telah merusak persatuan di tubuh Himpunan Mahasiswa Islam.

Politik identitas memang masih sangat kental di Sulawesi Tenggara dan Musdakoh Badko HMI Sultra yang diselenggarakan di Wisma HMI Cabang Kendari merupakan upaya dalam menyatukan Kohati yang terpecah akibat politik identitas. Namun, perjuangan Kohati ini akan sia-sia jika PB HMI sebagai tuhan di organisasi tidak tegas dalam mengambil keputusan dan dualisme di tubuh himpunan sama sekali tidak dapat dihentikan.

Sebenarnya politik identitas ini sangat baik dan menunjukkan loyalitas seseorang atas cita-cita kelompok sosialnya, akan tetapi dalam konteks di atas politik identitas ini sangat merusak dan menghambat pertumbuhan organisasi. 

Sudah tugas PB HMI untuk menyelesaikan konflik-konflik seperti ini secara objektif yang diarahkan pada kebenaran, yang mana konflik ini hampir terjadi di seluruh HMI Badko dan HMI Cabang di Indonesia. Jika pun ada kepentingan, maka kepentingan ini hanya ditujukan dan untuk kebenaran. Selain itu, sudah ada konstitusi HMI yang mengatur segala tindak tanduk dan perilaku di tubuh himpunan maka sudah sepatutnya untuk menaati segala aturan yang ada di dalamnya.

Untuk itu PB HMI harus tegas dalam konflik ini dan menunjukkan taring kekuasaannya sebagai pimpinan tertinggi di tubuh himpunan mahasiswa Islam. Jika tidak, maka HMI tinggal menunggu kehancurannya saja.

Penulis : Siti Rabiah Putri Saadin
(Formatur Ketua Badko HMI Sulawesi Tenggara 2021/2023)

TerPopuler