Jelang Hari Juang Kartika, Kodim Manokwari Gelar Aksi Donor Darah


MANOKWARI, Sulselpos.id - sebagai bentuk membantu pemenuhan ketersediaan darah di wilayah teritorial dan memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2021.


Kodim 1801/Manokwari menggelar Aksi Bakti Sosial Donor Darah di Aula Makodim 1801/Manokwari, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Kamis (09/12/21). 


Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dandim 1801/Manokwari Kolonel Inf Suharma Zunam didampingi Kasdim 1801/Manokwari Letkol Inf Saheri. 


Kegiatan tersebut dilaksanakan Kodim 1801/Manokwari bekerjasama dengan PMI Kabupaten Manokwari yang diikuti anggota Kodim 1801/Manokwari, perwakilan masing-masing koramil jajaran dan anggota Persit KCK Cabang XII Manokwari sebanyak 100 orang. 


Saat pelaksanaan darah terkumpul sebanyak 55 kantong karena 41 orang tensi tinggi dan 4 orang sudah lewat usia. 


Kolonel Inf Suharma Zunam menyampaikan bahwa kegiatan baik ini merupakan upaya Kodim 1801/Manokwari dalam rangka untuk mendukung pemerintah guna pemenuhan ketersediaan darah terutama dimasa pandemi Covid-19.


"Yang mana sekarang ini membuat cadangan atau jumlah darah yang tersedia, cenderung menurun, sedangkan kebutuhan darah di masyarakat khususnya di Kabupaten Manokwari cenderung meningkat," ungkapnya.


Dandim 1801/Manokwari juga menambahkan, setetes darah yang didonorkan, dapat menyelamatkan jiwa orang lain yang sedang membutuhkan. 


Selain itu, donor darah ini juga akan membuat sehat bagi pendonor itu sendiri karena tubuh pendonor akan kembali memproduksi darah baru sehingga kondisi kesehatannya akan semakin baik. 


"Aksi donor darah hari ini merupakan bentuk perhatian TNI, khususnya Kodim 1801/Manokwari kepada masyarakat yang membutuhkan donor darah. Kiranya darah yang disumbangkan nantinya bisa dimanfaatkan untuk menolong saudara-saudari kita yang membutuhkan," jelas Dandim.


Haeril

0 Komentar