Mahasiswa Jurusan PBI FTK UINAM Sukses Gelar Milad Jurusan


GOWA, Sulselpos.id - Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar sukses mengadakan milad jurusan yang ke 26 tahun.

Dengan nama Aeterna kegiatan ini bertempat di Aula Gedung PPG, Kampus lll UIN Alauddin Makassar, Jln Bontotanga, Pao-pao, Madani, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Kamis (27/6/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua International Office Dr. Serliah Nur, Wakil Dekan II Dr. M. Rusdi, Wakil Dekan III Dr. Ridwan Idris, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Dr. Sitti Nurpahmi, Sekretaris Jurusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Nur Aliyah Nur, Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Alumni dan teman-teman perwakilan setiap Himpunan Mahasiswa Jurusan.

Mengusung tema "Exploring 26 Years of Innovation: English Education Department Towards outstanding quality". Aeterna sendiri memiliki makna, dalam bahasa Latin berarti "abadi" atau "selamanya." 

Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang kekal dan tidak pernah berakhir. Sejalan dengan visi dan misi PBI untuk terus berkarya dan mencerdaskan bangsa melalui Pendidikan Bahasa Inggris. 

Konsep performance dari kegiatan ini adalah "Harmony of Aeterna: Earth and Culture"  memiliki arti sebuah kegiatan edukasi dan budaya yang berfokus pada hubungan harmonis antara manusia, bumi, dan budaya. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan, serta mendorong apresiasi terhadap budaya dan tradisi.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris telah melakukan pengumpulan dana melalui kegiatan bazar, galangan dana, uang kas himpunan, sumbangan dana dari para dosen pendidikan Bahasa Inggris, dan para alumni Pendidikan Bahasa Inggris.

Kegiatan Milad PBI yang ke 26 tahun menampilkan beberapa perfomance diantaranya yaitu tari padduppa, tari wonderland Indonesia, mencak bugis, musikalisasi puisi, dan Aeterna Band. 

Perfomance ini ditampilkan oleh mahasiswa/mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 21, 22 hingga angkatan 23.

Ketua Umum HMJ PBI FTK UIN Alauddin Makassar, Izzatul Jannah menyampaikan rasa bangga atas kerjasama seluruh pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini.

"Milad kali ini ketika saya menonton dari awal hingga akhir sebenarnya perasaannya khawatir sekali, karena di agenda kali ini saya bertugas menjadi pengawas, takut kalau ada hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana, namun akhirnya setelah melalu berbagai agenda di milad," ucapnya.

"Rasa bangga saya muncul lebih besar dibanding khawatir, bangga teman-teman bisa menampilkan persembahan yang luar biasa, dengan konsep yang beda dari biasanya dan lebih fresh, serta terlihat sinergi dan harmoni yang terjalin," sambungnya.

Izzatul Jannah juga berharap pada milad Jurusan PBI ke 26 tahun ini semoga membawa PBI menuju pencapaian yang luar biasa.

"Milad kali ini memang tidak main main dari segi konsep, penampilan, bahkan biayanya, yang menghabiskan 4x lebih besar dibanding milad tahun lalu. Harapannya tentu umur PBI yang tidak sedikit, yaitu lebih dari 26 tahun bisa membawa PBI menuju pencapaian yang luar biasa serta menciptakan para alumni yang berkualitas. Harapan lain semoga di milad selanjutnya bisa bersilaturahmi dengan lebih banyak para alumni hebat PBI," harapnya.

Acara ini merupakan momen istimewa untuk merayakan perjalanan dan pencapaian jurusan selama ini, sekaligus mempererat tali silaturahmi antar generasi. 

"Kami berharap acara ini dapat menginspirasi dan memotivasi seluruh civitas academica untuk terus berkarya dan mengharumkan nama jurusan di masa mendatang," tutup Ketua Umum HMJ FTK UIN Alauddin Makassar.

Wiwi

0 Komentar