Babinsa Kodim 1410 Bantaeng Imbau Warga Waspadai Gejala Virus PMK Pada Ternak


 Bantaeng - Demi mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak di wilayah binaannya, Babinsa Koramil 03/Tompobulu, Serda Abdul Azis melakukan pemantauan ternak sapi milik Ibu Norma di Desa Tombolo, Kecamatan Gantarangkeke, Kabupaten Bantaeng, Selasa (25/07/2023). 



Hal tersebut sesuai instruksi dan arahan Dandim 1410/Bantaeng, Letkol Arm Gatot Awan Febrianto S.sos. MM. kepada personelnya untuk mengerahkan Babinsa di setiap wilayah binaan untuk turun langsung memantau kondisi kesehatan hewan ternak sapi, kerbau, dan kambing di Wilayah Binaan masing-masing.


Tujuannya, untuk mencegah penyebaran virus PMK dengan memperhatikan gejala terjangkitnya ternak oleh virus tersebut.


"Masyarakat atau peternak disarankan agar selalu menjaga kebersihan kandang dan memperhatikan kesehatan hewan ternaknya serta mengantisipasi datangnya ternak sapi, kerbau, dan kambing dari desa lain,” imbau Serda Abdul Azis.


Lebih lanjut, bagi warga yang merasakan gejala ternak seperti air liur berlebihan, lepuh (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah), dan gejala lainnya, agar segera melaporkan ke petugas.


Berdasarkan pantauannya dan petugas terkait, kondisi ternak sapi sehat dan belum ditemukan gejala virus PMK.

0 Komentar