Libur Hari Raya, Tanjung Bira Alami Macet Panjang Selama Tiga Hari Berturut-turut -->

Libur Hari Raya, Tanjung Bira Alami Macet Panjang Selama Tiga Hari Berturut-turut

Kamis, 05 Mei 2022, 19:36

BULUKUMBA, Sulselpos.id - Tanjung Bira Bulukumba kembali padat pengunjung usai Ramadhan 1443 Hijriah. Akibat kepadatan tersebut jalan masuk ke Pantai Bira alami macet panjang sejak selasa 3 Mei 2022 lalu. 

Lili Anriani merupakan salah satu pengunjung Pantai Bira asal Makassar mengaku bahwa hal ini pertama kali dialaminya selama berlibur. 

"Sudah dari tadi terjebak macet, sudah dari jam 4 malahan. Ini baru pertama kali ke Bira dan baru pertama kalinya juga alami macet selama liburan," tutur Lili pada reporter, Kamis (5/5/22).

Lili juga mengaku bahwa liburan ke Bira tersebut sekaligus mudik lebaran dan memilih Bira karena sedang terkenal dikalangan orang-orang. 

"Kebetulan lagi mudik setelah lebaran, jalan-jalan ke sini. Pilih Bira karenakan lagi terkenal Tanjung Bira jadi sekalian ke sini," ungkapnya. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Drs. H. Muhammad Daud Kahal yang berada di pos pembayaran Bira mengatakan bahwa arus lalu lintas alami macet panjang hingga tengah malam. 

"Senin lebaran, saya selasa di sini dan ini hari ketiga. Hari ini sudah lumayan lancar sedikit dibanding dua hari kemarin. Macet ini ada sekitar sampai 8 kilo jauhnya dan di hari pertama sampai jam 12 malam baru semua mobil masuk sedangkan semalam sampai setengah 11," tutur Daud. 

Muhammad Daud juga mengungkapkan bahwa strategi alur masuk gerbang bira di ubah untuk mempercepat masuknya mobil di kawasan Bira demi menghindari macet yang sangat panjang. 

"Kita merubah strategi penjemputan atau pembayaran di pos, ada petugas yang langsung menghitung jumlah pengunjung di setiao mobil dan pakai alat komunikasi sehingga lang udh di input cepat," paparnya. 

Mengakhiri wawancaranya, Kadis Pariwisata mengaku bahwa tahun sebelumnya dan sepanjang sejarah Bira. 

"Tahun ini belum pernah terjadi sepanjang sejarah Bira, tahun baru saja yang dinilai sebagai pengunjung terbesar jauh lebih padat pengunjung yang sekarang ini," ujar Daud.

 Asih Meilani

TerPopuler