FUKIS IAIM Sinjai Adakan Seminar Internasional Bahas Moderasi Beragama


SINJAI, Sulselpos.id - Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam (FUKIS) Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai menyelenggarakan Seminar Internasional yang diikuti ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi secara virtual via zoom meeting, Selasa (29/03/22).

Dengan mengusung tema “The Concept and Implementation of Religious Moderation Towards Social Action in Digital Era”. Kegiatan ini dipandu oleh dua moderator Desi Alawiyah, M.A. dan Akhiruddin M.A serta 11 narasumber. Kegiatan ini dibuka dengan resmi oleh Dekan FUKIS IAIM Sinjai.

Dekan FUKIS, Suriati dalam sambutannya menyampaikan tujuan dilakukannya Seminar Internasional ini sebagai bagian dari kerjasama dan tindaklanjut dari kesepakatan perguruan tinggi. Hal ini juga kata Dr. Suriati, sebagai kesempatan kepada dosen dilingkup FUKIS untuk melakukan kolaborasi.

“Dengan adanya Seminar Internasional ini diharap dapat menjadi momentum bagi dosen-dosen yang ada di FUKIS dalam melakukan kolaborasi dengan dosen dari luar, melalui Seminar yang kita adakan secara virtual ini,” ujarnya.

Lanjutnya, dengan adanya seminar ini, mahasiswa IAIM dapat mengembangkan pengetahuan mengenai moderasi beragama yang dilihat dari berbagai sudut pandang keilmuan.

“Sehingga kita berharap kepada seluruh peserta untuk tidak melewatkan materi sedikit pun sampai selesai seminar ini, karena materi ini sangat penting untuk untuk diterima,” tambahnya.

Diketahui ke-11 narasumber ini membahas Konsep dan Implementasi Moderasi Beragama Menuju Aksi Sosial di Era Digital dengan disiplin dan latar belakang ilmu masing-masing. Seperti diketahui, narasumber pada Seminar Internasional ini adalah:

Muhammad Arif bin Musa (Ketua Program Pengajian Quran dengan Multimedia USIM), Rusdi Hamka Lubis (Dekan FAI UIC), Dr. Mohammad Zamroni (Dosen KPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Andi Azhar (Asia University, Taiwan), Muhammad Azlan Lubis (Universitas Al-Ahgaff Yaman).

Retna Dwi Estuningtiyas (KPS. KPI UIC), Musliadi (Dosen KPI FUKIS IAIM Sinjai), Imam Zarkasyi (Dosen IAT FUKIS IAIM Sinjai), Siar Ni'mah (KPS IAT FUKIS IAIM Sinjai), St. Hajrah Syam (Dosen BPI FUKIS IAIM Sinjai), Sulfikar (Dosen BPI FUKIS IAIM Sinjai).

Wiwi

0 Komentar