Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian UNM Laksanakan Baksos -->

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian UNM Laksanakan Baksos

Senin, 05 Juli 2021, 22:17

GOWA, Sulselpos.id - Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan program Bakti Sosial (Baksos) bertajuk "Aktualisasi Nilai Pendidikan, Pertanian dan Sosial Melalui Pengabdian Demi Mewujudkan Tridharma Program Tinggi" di Desa Pao, Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa, Senin (05/07/21).

Hal itu disampaikan Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian, Akbar bahwa program kerja tersebut adalah kegiatan tahunan yang telah dilaksanakan dibeberapa tempat.

"Tahun ini kami memilih desa Pao sebagai lokasi melaksanakan bakti sosial. Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan sharing atau saling bertukar ilmu dengan masyarakat yang dikemas dalam bentuk praktik langsung cara mengolah sampah organik rumah tangga menjadi pupuk organik yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang ramah lingkungan," ungkapnya.

"Kami menyediakan berbagai macam sampah rumah tangga antara lain tomat, kol, sawi serta buah-buahan lainnya yang telah membusuk, air cucian beras, gula merah, juga tanah. Setelah proses pencampuran bahan-bahan tersebut kami menunggu waktu sekitar 3 minggu untuk proses penguraian," tambahnya.

Lebih lanjut, Dirinya menyebut program ini dilaksanakan guna silaturahmi dengan masyarakat Desa Pao, bertukar ilmu dalam hal ini sebagai pelaksana tidak untuk menggurui atau mengajar akan tetapi lebih kepada membagi ilmu atau pengalaman yang diperoleh dari kampus. 

"Kami juga sharing bagaimana bertani dengan baik dalam artian tidak merusak lingkungan. Kegiatan ini kami harapkan agar pertanian di Desa Pao jauh lebih maju ke depannya dengan pengembangan teknologi pertanian yang mereka gunakan," tutupnya. 

Laporan: Hijriana Sr.
Editor: Haeril

TerPopuler