Akibat Diterjang Longsor, Irigasi di Balakia Sinjai Barat Rusak Parah -->

Akibat Diterjang Longsor, Irigasi di Balakia Sinjai Barat Rusak Parah

Selasa, 30 Maret 2021, 19:54



SINJAI, Sulselpos.id---
Kondisi Daerah Irigasi (DI) Bangkeng Batubulua dikeluhkan oleh warga, Kelurahan Balakia, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai. 


Pasalnya, daerah irigasi Bangkeng Batubulua saat ini rusak parah akibat tertimpa longsor beberapa waktu lalu.


Menurut warga, Andi Lukman, irigasi bangkeng batubulua sangat mendesak untuk diperbaiki karena kerusakan ada beberapa titik sehingga volume air yang masuk ke area persawahan terganggu. 


"Irigasi bangkeng batubulua sangat mendesak untuk diperbaiki, sebab yang longsor ada 3 titik," kata Andi Lukman, Selasa (30/3/2021).


Andi Lukman juga menjelaskan, sebagai salah satu Ketua kelompok budidaya ikan tawar di Kelurahan Balakia, saat ini petani mengalami masalah irigasi, padahal potensi pengembangan ikan nila juga cukup baik di daerah tersebut. 


"Beberapa waktu lalu, kami ketemu Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Kabupaten Sinjai, beliau menyebut jika Menteri Kelautan dan Perikanan mencari lokasi untuk dijadikan kampung nila. Tempat ini cukup baik, tapi kendala kami di irigasi yang rusak," tambahnya. 


Sementara, saat dikonfirmasi pada Selasa (30/3/2021) melalui pesan Whatsapp, Kabid Perairan PUPR Kabupaten Sinjai, Andi Syarifuddin menyampaikan bahwa pihaknya akan segera memeriksa titik kerusakan yang dimaksud sehingga bisa dijadikan program skala prioritas kedepannya.


"Insya Allah kami tampung dulu datanya, lalu kita skala prioritaskan dengan seluruh daerah irigasi di Kabupaten Sinjai. Akan kami tinjau  di lapangan,"tutupnya.


Penulis: Imran

TerPopuler