132 Kelompok Tani di Sinjai Dapat Bantuan Pupuk


SINJAI, Sulselpos.id - Diera kepemimpinan T.R Fahsul Falah sebagai Pj Bupati Sinjai, bantuan untuk petani baik dari Kementerian Pertanian maupun dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus mengalir.

Kali ini, bantuan pupuk hayati padat untuk komoditas tanaman pala bagi petani.

Bantuan ini diserahkan melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sulsel dan diterima langsung oleh Kepala Dinas TPHP Kabupaten Sinjai H. Kamarudin di Halaman Kantor Gabungan OPD, jalan Persatuan Raya Sinjai, Selasa (21/05/2024)

Staf Bidang Perkebunan Dinas TPH-Bun Provinsi Sulsel Darmawati menyampaikan bahwa bantuan pupuk hayati padat ini diberikan kepada 132 kelompok tani di Sinjai dengan luas lahan 1.164 hektar.

Adapun jumlahnya 58.200 kg. “Jadi per hektar itu akan mendapatkan 50 kg pupuk hayati padat untuk tanaman pala,” jelasnya.

Menurutnya, potensi tanaman pala di Kabupaten Sinjai sangat bagus. Hal ini dibuktikan dengan animo petani yang menanam bibit pala di Sinjai cukup tinggi. Apalagi harganya juga semakin meningkat.

“Animo petani di Sinjai untuk tanam pala sangat tinggi sehingga dengan adanya bantuan ini bisa meningkatkan produktivitas buah pala yang tentunya juga akan dapat meningkatkan kesejahteraan petani kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis TPHP Sinjai H. Kamaruddin menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulsel yang memberi perhatian kepada para petani di Sinjai.

“Kami atas nama Pemda Sinjai dan mewakili petani mengucapkan terima kasih kepada Dinas TPH-Bun Sulsel yang memiliki perhatian khusus untuk pengembangan tanaman pala di Sinjai,” ucapnya.

Bantuan ini selanjutnya diserahkan kepada petani yang sebelumnya juga telah menerima bantuan bibit pala dari Pemprov Sulsel pada tahun 2023 lalu.

“Jadi bantuan pupuk ini ditujukan kepada petani yang tahun lalu menerima bibit pala. Dan Insya Allah tahun ini juga kita kembali akan menerima bantuan bibit pala untuk petani kita yang belum mendapatkan,” jelasnya.

Kamaruddin menambahkan pupuk ini diberikan untuk kelompok tani yang berada di 6 kecamatan yaitu Kecamatan Sinjai Timur, Bulupoddo, Sinjai Tengah, Sinjai Utara, Tellulimpoe dan Sinjai Selatan. 


Par

0 Komentar