OPINI : Indonesia di Tahun 2030 -->

OPINI : Indonesia di Tahun 2030

Senin, 26 Desember 2022, 16:18

OPINI, Sulselpos.id - Kancah perpolitikan  dunia tahun demi tahun terus mangalami perkembangan dan perubahan yang sangat signifikan, tentu hal ini yang menjadi sangat berpengaruh bagi kestabilan suatu negara khususnya di lingkungan pemerintahan. Harus kita sadari bahwa politik dengan suatu sistem pemerintahan tidak dapat di pisahkan antara satu sama lain, mengapa demikian mustahil rasanya jika ada suatu negara yang berdiri dan besar tampa ada kesan politik di dalamnya. 

Indonesia dalah negara yang memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah bahkan indonesia  adalah negara dengan sumber daya alam yang bisa di kata negara ini memiliki berbagai sumber daya alam yang punya paket lengkap, di antaranya nikel. Batu bara, minyak bumi, dan banyak lagi hasil bumi dan alamnya. 

Itulah sebabnya mengapa banyak negara asing  yang menanamkan modalnya di negara ini karena mereka yakin akan benefit atau laba yang akan di hasilkan nantinya tentu hal ini, bahkan diperdagangan global  pun indonesia sangat memiliki pengaruh karena indonesia adalah negara dengan penghasil bahan baku produksi terbaik dan kualitas bahan bakunya di akui oleh negara- negara maju bahkan uni eropa pun mengakuinya. 

Apalagi letak dan posisi indonesia yang strategis tepat berada pada garis katulistiwa membuatnya menjadi jalur lalu lintas perdagangan global namun yang menjadi problem sekarang ini adalah indonesia masih belum bisa mengelola sumber daya alamnya sendiri, namun saat ini pemerintah mulai sadar akan hal itu betapa kayanya negeri ini jika kita sendiri yang mengelola sumber daya alam kita sendiri tentunya negara ini akan maju, jaya dan rakyatnya pun sejahtera. 

Tentu politik dalam kerjasama antar negara sudah tentu ada apalagi ketika disangkut pautkan dengan keuntungan, siapa yang tidak tergiurkan dan ini bisa saja menjadi iming- iming negara asing untuk menguasai dan mengeruk habis sumber daya alam negeri ini. Namun saya yakin jika suatu saat nanti negeri akan melahirkan para pemimpin yang biasa mengatur dan mengelola sumber daya alam kita sendiri dan tampa intervensi dan campur tangan pihak negara lain. Coba kita bayangkan emas yang ada di sebelah timur indonesia jika kita sendiri yang mengelolanya tentu ini akan menjadi pendapatan terbesar bagi keuangan negara ini. 

Saat ini setiap negara berlomba-lomba untuk membuat negaranya maju, terkhusus negara-negara dengan notabene(berkembang) mereka terus menciptakan penemuan- penemuan baru dan berinovasi untuk kemajuan bangsanya tentu kita tidak bisa pungkiri akan hal tersebut. Apalagi di dunia politik tentu setiap negara sudah menyusun strategi politik untuk menghadapi perubahan yang akan terjadi kedepannya. 

Tentu akan terasa berbeda politik sekarang ini dengan kehadiran dunia politik di tahun- tahun yang akan datang sekarang saja bisa kita lihat dengan mata kepala kita sendiri bagaimana para elit pemerintah dan para penguasa negri ini memainkan aksi politik mereka tentu kita sebagai rakyat yang awam akan hal politik sudah tentu kita acun tah acuh dengan apa yang mereka kerjakan padahal sebenarnya kita masyarakat bangsa dan negri ini juga punya andil yang besar, namun kita melupakan semua itu, sekarang saja dunia perpolitikan sudah mulai memanas apalagi di indonesia tidak lama lagi kan tiba masa pemilu, akan tetapi yang mesti kita ingat adalah bijaklah dalam memilih dan memutuskan pilihan kita karena maju dan berkembangnya negara ini ada di tangan rakyat itu sendiri. 

Di tahun 2030 mendatang semua industri digadang-gadang akan mengalami perubahan di mana semuanya akan menggunakan teknologi digital yang membuat pekerjaan semakin lebih mudah dan mulai meninggalkan teknologi konvensiaonal yang membutuhkan bantuan tenaga manusia itu sendiri. 

Bahkan saat ini salah satu perusahaan dari cina telah menciptakan robot yang bisa menjalankan apa saja yang kita perintahkan bahkan bisa menemani kita dan membantu pekerjaan kita di segala bidang, tentu sudah terbayang di benak kita bagaimana nantinya jika seluruh aktifitas kita hari ini di ganti dengan teknologi robotik akan tetapi kita tidak perlu kawatir akan hal tersebut karena sejatinya robot ataupun teknologi apapun tidak akan membuat esensi dan peran manusia di muka bumi ini. 

Dan mungkin saja setiap keluhan dan permasalahan  sekarang ini belum seberapa jika dibandingkan dengan permasalahan dan yang akan terjadi nantinya bahkan bisa saja di tahun- tahun berikutnya dunia akan semakin ganas dan kejam namun itu semua akibat ulah manusia itu sendiri yang tidak mematuhi aturan hidup dan aturan alam mereka, namun percayalah kita semua mampu melewati setiap momentum yang terjadi dan kita sebagai generasi penerus bangsa sudah sepatutnya kitalah yang memberikan perubahan bagi bangsa dan negeri ini. presiden pertama indonesia pernah berkata 1000 orang tua hanya bisa bermimpi namun 1 orang pemuda bisa mengubah dunia ucap "Ir. Soekarno" kala itu. Jika bukan kita siapa lagi yang akan membangun negri ini dari tidur yang panjang.

Penulis : Agus Sani 
(Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Sinjai)

*Tulisan tanggung jawab penuh penulis

TerPopuler