HMJ Akuntansi UINAM Sukses Gelar Seminar Internasional -->

HMJ Akuntansi UINAM Sukses Gelar Seminar Internasional

Kamis, 03 November 2022, 19:35

MAKASSAR, Sulselpos.id -  Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi Periode 2022 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sukses menggelar Seminar Internasional di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Rabu (02/11/22).

Mengusung tema "The existence of a professional accountant", menghadirkan 4 narasumber hebat salah satunya dari Aussie University Faizal Abdullah sebagai profesional accountant dan profesional educator dan tiga pemateri lainnya yakni Muhammad Wahyuddin Abdullah, Mustakim Muchlis dan Sumarlin.

Dekan FEBI UINAM, Abustani Ilyas mengatakan bahwa seminar internasional yang diadakan oleh HMJ-Ak sangat hebat dan membanggakan, tidak hanya seminar tingkat nasional yang mampu diadakan, tetapi HMJ-Akuntansi juga mampu mengadakan seminar yang bertaraf internasional.

“HMJ-Akuntansi sangat hebat dan membanggakan bisa mengadakan kegiatan seminar internasional, tidak hanya seminar nasional yang diadakan, tapi kali ini berhasil mengadakan seminar internasional,” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan hadirnya kegiatan ini, bisa meningkatkan kesadaran mahasiswa (i) dalam mengembangkan disiplin ilmu yang dipelajarinya, sebab profesi seorang akuntan sangat dibutuhkan mulai dari tingkat lokal sampai kepada tingkat internasional, dengan begitu hadirnya kegiatan ini mahasiswa (i) bisa mengasah kemampuan berbahasa inggrisnya.

"Saya harap dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa (i) sadar bahwa mereka harus mengembangkan keahliannya di bidang akuntansi, karena banyak perusahaan diluar sana yang membutuhkan profesi akuntansi baik pada tingkatan lokal, nasional, bahkan internasional, untuk itu mahasiswa bisa mengasah kemampuannya dalam berbahasa inggris melalui seminar ini," harapnya.

Sementara itu, Ketua Prodi Jurusan Akuntansi, Memen Suwandi mengatakan alasannya mengangkat tema dalam seminar tersebut untuk mengangkat eksistensi para akuntan, sebab kasus pandemi yang telah terjadi dua tahun terakhir.

"Dua tahun terakhir ini di tahun 2020 dan 2021 itu merupakan puncak puncaknya pandemi, karena sekarang kondisinya sudah normal kita melihat bahwa apakah profesi akuntansi ini bisa eksis kembali di lingkungannya masing-masing terutama di masa New Normal ini," jelasnya.

 Ketua Umum HMJ-Ak, Muh. Farid Hidayat mengatakan bahwa, seminar ini merupakan salah satu item kegiatan dalam Accounting Fair yang dilaksanakan oleh himpunan dan dirangkaikan dengan milad jurusan akuntansi, sehingga seminar internasional tersebut merupakan kolaborasi antara HMJ-Akuntansi bersama jurusan akuntansi.

"Kegiatan ini adalah salah satu item dalam accounting fair yang dirangkaikan dengan milad jurusan sebagai salah satu bentuk nyata kolaborasi antara himpunan dan jurusan,” ujarnya.


Salah satu peserta seminar, Nasriatul Naderiah mengatakan bahwa acara ini sangat menarik dan acara ini sangat berkesan karena dia juga baru pertama kali mengikuti seminar internasional.

“Saya baru pertama kali mengikuti seminar internasional dan membuat saya terkesan, terutama narasumber yang hebat membuat acara ini sangat menarik," tutupnya.

Asrul

TerPopuler