Pesona Alam Limbua Permandian dengan Sejuta Keindahan : Magnet Bagi Parawisata -->

Pesona Alam Limbua Permandian dengan Sejuta Keindahan : Magnet Bagi Parawisata

Jumat, 28 Oktober 2022, 18:49

BULUKUMBA, Sulselpos.id - Selatan tak hentinya memiliki objek wisata air yang mempunyai pemandangan alam unik dan khas. Limbua terletak dekat dengan laut, lokasi berbatasan laut dengan hutan dan pantai. Permandian ini memiliki kolam yang memanjang hingga ke laut dekat pantai Samboang. 

Masyarakat setempat sering menghubungkan permandian ini dengan kesaktian Dato Tiro. Dari kepercayaan tersebut, muncul keyakinan bahwa ketika seseorang mandi di permandian ini, dapat sembuh dari seluruh penyakit kulit yang diderita.

Lokasi Permandian Limbua hanya berjarak 1 kilometer dari makam Datu Tiro, dikelilingi dengan hutan dan bermuara di pantai. Datu Tiro sendiri merupakan seorang tokoh yang pertama kali mengajarkan islam di kota Bulukumba.

Untuk mencapai Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Permandian ini terletak di Desa Ekatiro, Kecamatan Bontotiro. Dengan jarak 40 km dari kota Makassar, perjalanan memakan waktu lima hingga enam jam dari kota Makassar.

Akses perjalanan menuju pemandian akan melewati hutan belantara. Sehingga sebelum keberangkatan, wisatawan harus melakukan pengecekan kendaraan terlebih dahulu agar siap melewati medan yang sedikit menantang ini. Namun, sepanjang perjalanan Anda akan ditemani oleh pemandangan alam yang menawan.

Anda tidak perlu khawatir dengan urusan dana jika ingin berwisata ke destinasi ini. Harga tiket masuk dapat dibilang sangat terjangkau. Tarif yang dipatok oleh pengelola hanya Rp 5.000 per orang untuk hari biasa dan Rp 10.000 sekali masuk saat akhir pekan. Setiap pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket sebelum memasuki area kolam.

Rindangnya hutan yang mengelilingi kawasan pemandian menjadikan permandian ini memiliki kesejukan. Pemandangan hijaunya pepohonan juga dapat memberikan pengaruh pada psikis pengunjung. Warna hijau memiliki efek menghadirkan ketenangan kepada orang yang melihatnya.

Senja selalu menawarkan cerita bagi penikmatnya. Keindahan senja di pemandian alam ini dapat dinikmati sambil berendam di kolam pemandian atau di gazebo tempat beristirahat.

Eka Palmawati Salah satu pengunjung sangat menikmati keindahan kolam renang tersebut 

“Permandian pantai limbua terkenal dengan kesejukannya selama saya berwisata disana pantai limbua bersih ditambah lagi view yang sangat cantik untuk di pandang, dan memiliki kolam renang serta air terjun. Penjagaan pantai limbua juga ketat, agar yang berwisata dipantai tersebut nyaman," ucap Eka Palmawati, Jumat (28/10/22).

Suci Safitri

TerPopuler