Kapolsek Tellulimpoe Beri Edukasi ke Peternak Guna Cegah Penularan PMK


SINJAI, Sulselpos.id - Dalam rangka pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak, Kapolsek Tellulimpoe Polres Sinjai Akp Ambo Syahrir, bersama Bhabinkamtibmas Kelurahan Mannanti Aipda Sumardi rutin melaksanakan sambang diwilayah binaan, Rabu (3/8/2022).

Kapolsek turun langsung ke lapangan didampingi oleh Bhabinkamtibmas Polsek Tellulimpoe untuk memberikan imbauan kepada warga masyarakat yang memiliki hewan ternak. 

Dalam kegiatan, Kapolsek Tellu Limpoe memberikan imbauan kepada pemilik ternak sapi agar selalu memperhatikan kebersihan kandang dan ternak sapinya sehingga terhindar dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kapolsek Tellulimpoe terus melakukan pencegahan dengan melaksanakan edukasi dan himbauan kepada peternak hewan kuku belah dua, seperti sapi, kambing, kerbau dan kuda agar terhindar dari penyakit mulut dan kuku.

Akp Ambo Syahrir menyampaikan, bersama instansi terkait kami laksanakan koordinasi sebelum turun ke lapangan dan Polsek Tellulimpoe kedepankan Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak di lapangan, dan selalu melakukan monitoring. 

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan guna mencegah terjadinya penyebaran PMK di wilayah Kelurahan khususnya di Kecamatan Tellulimpoe," ujar Kapolsek. 

Kapolsek Tellulimpoe Akp Ambo Syahrir, berharap agar ternak peliharaan warga dikandangkan atau diikat dan jangan dibiarkan bebas berkeliaran, sehingga keamanan, pengawasan, kebersihan dan kesehatan dapat dengan mudah diawasi. 

Kapolsek juga berpesan kepada para peternak hewan supaya dijaga hewannya secara ketat dan selalu diawasi, karena langkah pencegahan tergantung dari kita semua. “Jika kita taat dan disiplin, kooperatif, serta selalu berkoordinasi, niscaya PMK dapat kita hindari,” pesannya.

Selain memberikan imbauan atau sosialisasi PMK ke peternak hewan berkuku belah dua, Kapolsek Tellu Limpoe juga berkoordinasi dengan Balai Penyuluhan hewan, sehingga kegiatan dilapangan dapat dirasakan oleh peternak hewan manfaatnya.

Wiwi

0 Komentar