Mahasiswa Bukan Sebatas RAKUS tapi Pengabdian -->

Mahasiswa Bukan Sebatas RAKUS tapi Pengabdian

Jumat, 24 Juni 2022, 13:12

OPINI, Sulselpos.id - Di era yang penuh kelas maya,  kehidupan manusia penuh dengan aktivitas Digitalisasi yang sangat mempengaruhi kehidupan individu hingga pada kelompok Masyarakat.

Namun, Ini semua harus dihadapi oleh  manusia yang dikatakan Makhluk yang sangat berpengatahuan, kalanya di era ini mahasiswa mulai melupakan  bagaimana Bentuk pengabdian yang Harus diperhatikan.

Mahasiswa yang dikenal dengan Cirinya yaitu; RAKUS  itu berkibar pada Dunia akademisi dan Organisatoris yang selayaknya dipraktikkan dalam pembangunan pada lingkungan masyarakatnya dengan Berbagai cara sehingga dipahami masyarakat, agar Agent of change dan Sosial Of Controlnya tidak lenyap.

Salah satu problem yang menjadi asbab paradigma berfikir masyarakat terhadap Mahasiswa  bahwa dimana kedudukan KeRAKUSan Mahasiswa itu ada pada lingkungan masyarakat, jika ( Sebagian ) Mahasiswa  hari ini berkumpul sambil minum minuman yang dilarang, dimana letak fungsinya sebagaimana dikatakan Mahasiswa.

Apakah hanya Karena itu, eksistensi sebagai Mahasiswa Itu hilang?

Mungkin menjadi sebuah alasan, sudah tentu tidak, seharusnya perlakuan yang seperti itu, tidak diperlihatkan pada Masyarakat, sehingga Masyarakat tidak mengambil kesimpulan yang seperti itu.

Apakah Masyarakat salah,? Ouh sudah  tentu tidak. Karena sebagian besar harapan Masyarakat berada pada pundak Mahasiswa yang sebagai penyambung lidah Masyarakat dalam suatu problema yang hadir dan tuntutannya ialah solusi yang efektif dan membangun dari Mahasiswa itu sendiri.

Peran Mahasiswa pada lingkungan Masyarakat, sangat mempengaruhi, semakin banyak Mahasiswa pada suatu lingkungan Masyarakat maka akan dengan mudah membangun perkembangan pada lingkungan tersebut dari berbagai aspek diantaranya, Pembangunan ekonomi Masyarakat, peningkatan Pengetahuan  baik buruk, moral,  muamalah, Syariah dan  akidah.

Itu semua bisa tercapai, dengan harapan dari berbagai konsep yang diberikan oleh mahasiswa kemudian di satupadukan menjadi konsep yang membangun perkembangan lingkungan tersebut.

Pengabdian diri sebagai Mahasiswa pada lingkungan masyarakat, itu sesuatu Hal yang wajib dilakukan oleh setiap Mahasiswa, Karena kenapa, dapat diperhatikan pada Sumpah Mahasiswa yang mungkin setiap kali melakukan Demonstrasi itu diteriakkan.

Penulis : Lukman 
(Mahasiswa UIN Alauddin Makassar)

*Tulisan tanggungjawab penuh penulis*

TerPopuler