Sampah Berserakan di Tanjung Bira, Begini Respon Dinas Parawisata


BULUKUMBA, Sulselpos.id - Sampah menjadi salah satu hal yang merusak keindahan pantai Bira di saat ramainya pengunjung untuk berwisata. Banyaknya pengunjung, membuat sampah juga menumpuk di Tanjung Bira, Minggu (8/5/22).

Saat berada di lokasi Bira, pengunjung disambut dengan banyaknya sampah yang berserakan di sekitar Tanjung Bira. 

Usman, salah satu pengunjung asal Kajang mengaku resah dengan pemandangan sampah yang ada di Bira dan berpendapat bahwa sosialisasi tentang sampah masih minim. 

"Kita merasa resah ini kalau masalah sampah di Bira, masih minim perbaikannya, sosialisasinya juga masyarakat di sini soal sampah baru 30% bersihnya daripada kotornya. Yang paling mengeluhkan di sini pengunjung pandangannya adalah sampah," ujar Usman. 

Usman juga berharap kepada Pemerintah untuk keindahan wisata agar ke depannya dapat menyediakan tempat pembuangan sampah demi kebersihan Bira. 

"Kita harapannya di sini semoga tahun depan ini lebih baik daripada tahun yang kemarin-kemarin ini karena disini keluhannya itu sampah. Intinya pemerintah di Kabupaten Bulukumba kalau mau bagus dan mau beraih di setiap titik itu ada tempat sampahnya agar ke depannya Bira ini bisa lebih bagus lagi," papar Usman. 

Menanggapi keluhan orang-orang tentang sampah, Drs. Muh. Daud Kahal selaku Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bulukumba pun mengambil tindakan untuk pembersihan sampah. 

"Dari awal kita sebenarnya sudah mengantisipasi dan ketika volume sampah sudah melampaui kemampuan kami untuk mengatasi, kami minta dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Mereka menurunkan 2 truk kemudian 20 personil untuk mengatasi banyaknya sampah yang bertebaran di pinggir pantai," ungkap Daud. 

Daud menjelaskan bahwa telah melakukan upaya demi menjaga kebersihan serta melakukan tugasnya dalam penyediaan pembuangan sampah. 

"Di setiap ruang-ruang publik pasti kita sudah melakukan upaya-upaya sosialisasi kampanye tentang kebersihan dan itu pada prinsipnya sebenarnya semua orang tau itu bahwa kita harus membuang sampah pada tempatnya dan tugas kami menyiapkan tempat pembuangan sampah sementara. Kita juga selalu menyampaikan ke pedagang kaki lima untuk membantu kami melakukan pembersihan," kuncinya.

Asih Meilani

0 Komentar