Percepatan Penurunan Stunting, Wabup Sinjai Paparkan Inovasi MADECENG


MAKASSAR, Sulselpos.id - Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong selaku Ketua tim percepatan penurunan stunting Kabupaten Sinjai memaparkan inovasi Pemkab Sinjai dalam mempercepat penurunan stunting di Kabupaten Sinjai.

Hal tersebut disampaikan dalam pertemuan convergensi lintas sektor/lintas program dalam upaya percepatan perbaikan gizi masyarakat di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan bertempat di Hotel Claro Makassar, Jumat (20/05/22).

Adapun inovasi Pemkab Sinjai yakni inovasi MADECENG (Masyarakat Desa/Kelurahan Cegah Stunting).

Andi Kartini Ottong mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sinjai, saat ini terus berupaya menurunkan angka stunting dan salah satunya melalui Program Inovasi MADECENG.

"Saat ini angka prevalensi stunting di Kabupaten Sinjai terus menurun. Pada tahun 2017, angka prevalensi stunting berada pada angka 43,7 % dan pada tahun 2018 turun menjadi 42,2 %. Pada tahun 2019 turun menjadi 34,28% dan pada tahun 2021 mencapai angka 30,1%," katanya.

Lanjut Andi Kartini Ottong, Pada tahun 2022 ini, angka prevalensi stunting ditargetkan turun menjadi 25,79% dan ditetapkan 20 desa lokus.

"Pada tahun 2022 ini telah disepakati 20 desa lokus yang ditetapkan melalui SK Bupati Sinjai nomor 344 tahun 2021," terangnya.

Penentuan lokus ini berdasarkan besaran angka prevalensi stunting. Selain itu, 80 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Sinjai juga telah berkomitmen menganggarkan penanganan stunting.

"Kita semua berharap semoga program ini bisa menurunkan angka prevalensi stunting dan menjadikan Kabupaten Sinjai bebas stunting," tambahnya.

Stunting akan menghambat pembangunan daerah, termasuk menghambat pembangunan sumber daya manusia. Ketika stunting tidak terkendali maka dapat dipastikan generasi generasi yang lahir menjadi rapuh dan sakit sakitan.

"Olehnya itu dibutuhkan peran aktif semua pihak untuk melahirkan generasi sehat dan cerdas," tegasnya.

Wiwi

0 Komentar