Bimtek Pemdes dan BPD di Makassar Dinilai Tidak Efektif -->

Bimtek Pemdes dan BPD di Makassar Dinilai Tidak Efektif

Minggu, 22 Mei 2022, 11:55
Sekda Sinjai Saat Membuka Bimtek di Grand Asia Hotel Makassar

SINJAI, Sulselpos.id - Bimbingan teknis Sinergitas Pemerintah Desa dan BPD Sinjai yang dilaksanakan di salah satu hotel di Makassar dinilai tidak efektif dan cenderung hanya menghabiskan anggaran semata. Minggu, (22/5/2022).

Hal ini dikatakan presidium LSM Sinjai Geram, Awaluddin Adil, dia menuturkan seharusnya, penjabat kepala desa memberikan kesempatan kepada kepala desa terpilih untuk menyisakan anggaran diawal masa kepemimpinannya agar mengikuti peningkatan sumber daya manusia.

"Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai juga memberikan ruang kepada penyelenggara Bimtek disaat momentum tidak tepat karena masa jabatan penjabat kepala desa akan berakhir dan kepala desa terpilih tidak lama lagi akan dilantik," bebernya.

Disisi lain menurut Awaluddin, pihaknya tidak pernah mempermasalahkan kegiatan bimtek, namun waktunya tidak tepat. 

Dan seolah-olah penyelenggara Bimbingan Teknis pun diduga memanfaatkan momentum tersebut untuk mencari kesempatan dan peluang bisnis. 

"Saya yakin hasil bimtek di Makassar tidak bisa diimplementasikan karena masa jabatannya akan berakhir. Penjabat kades seakan-akan diduga hanya menghabiskan anggaran,"terangnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Fasilitasi Management Pemerintah Daerah (LFMPD), Hj. Muafiah mengatakan jika kontribusi kegiatan bimtek ini sudah sesuai aturan yang ada di Peraturan Bupati sebesar Rp4 juta rupiah.

Ada 92 peserta yang mengikuti Bimtek yang dilaksanakan selama 3 hari mulai 20-22 Mei 2022. Andi Muafiah. SH, menjelaskan tujuan dari Bimtek yang dilaksanakan dengan biaya Rp. 4 juta setiap peserta, jika ditotalkan dana yang terkumpul sekitar 368 Juta rupiah.

"Tujuannya itu, mereka belajar penganggaran, pelanggaran hukum, undang- undang hukum, dan sinergitas antara BPD dan Kepala Desa," jelasnya. 

Kegiatan dalam Mewujudkan Pemerintah Desa yang Baik dan Bersih (Good and Clean Governance) Menuju Kesejahteraan Masyarakat yang digelar oleh Lembaga Fasilitasi Management Pemerintah Daerah (LFMPD) di Grand Asia Hotel Makassar Jl. Boulevard No. 10 Makassar.

Diketagui, Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Drs. Akbar didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai, Hj. A. Hariyani Rasyid membuka Bimbingan Teknis Sinergitas Pemerintah Desa dan BPD.

Kegiatan dalam Mewujudkan Pemerintah Desa yang Baik dan Bersih (Good and Clean Governance) Menuju Kesejahteraan Masyarakat yang digelar oleh Lembaga Fasilitasi Management Pemerintah Daerah (LFMPD) di Grand Asia Hotel Makassar Jl. Boulevard No. 10 Makassar. Jumat, (20/05/2022).

Dalam Bimtek tersebut, Sekda Sinjai menyatakan bahwa dalam penyelenggaraan pemerintah desa salah satu indikator penyelenggaraan administrasi pemerintah desa yang baik adalah terwujudnya tata kelola keuangan desa.


Zhr

TerPopuler