Dosen UMI Makassar Lakukan Pelatihan Pembuatan Kemasan dan Lebel Olahan Jagung -->

Dosen UMI Makassar Lakukan Pelatihan Pembuatan Kemasan dan Lebel Olahan Jagung

Sabtu, 01 Januari 2022, 12:12

TAKALAR, Sulselpos.id - Dosen Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Desa Tonasa, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Kamis (30/12/21).

Ir. Nur Ihwan Safutra selaku Ketua tim Dosen PkM melakukan pelatihan pembuatan Kemasan dan Lebel produk olahan jagung.

Pembukaan kegiatan pelatihan dilakukan oleh Ketua tim Dosen pengabdi dengan memberikan pemahanan tentang pengolahan hasil pertanian jagung menjadi beberapa produk olahan makanan tradisional seperti Popcorn, Dodol dan Keripik Jagung untuk meningkatkan nilai jual.

Kemudian Tim dosen Ir. Yan Herdianzah (Dosen FTI) dan Ir. Arfandi Ahmad (Dosen FTI) melanjutkan dengan pemberian materi Kemasan dan Lebel untuk menunjukkan ciri dan identitas produk agar dapat memudahkan konsumen sebagai sarana.

Dimana untuk membedakan berbagai macam produk yang beredar dipasaran serta berguna sebagai media penyampaian informasi mengenai kualitas, legalitas, brand/logo, tanggal kadaluarsa dan lain-lain.

Sementara itu, Arif selaku anggota PKK sangat mendukung program yang dihadirkan oleh Tim Dosen Pengabdi UMI Makassar, karena dapat menambah wawasan di dunia wirausaha.

"Selain diberi pemahanan dan pengetahuan tentang produk olahan jagung menjadi beberapa produk makanan yang bernilai, kami juga diberikan pelatihan pembuatan kemasan dan lebeling produk olahan jagung yang selama ini tidak pernah dilakukan oleh pelaku usaha olahan jagung di desa Tonasa," katanya.

Ibu-ibu yang begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut di Desa Tonasa berjumlah 10 orang. 

Haeril

TerPopuler