Pemkab Sinjai Gelar Rapat Monitoring dan Evaluasi DAK Triwulan -->

Pemkab Sinjai Gelar Rapat Monitoring dan Evaluasi DAK Triwulan

Rabu, 01 Desember 2021, 17:50

SINJAI, Sulselpos.id - Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar rapat monitoring dan evaluasi pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Triwulan ke lV di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Rabu (01/12/21).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Asisten lll Haerani Dahlan dan dihadiri Kepala Seksi Bank Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Edhi Purnomo, Kepala Bappeda Irwan Suaib dan para Kepala Daerah Pengelola DAK.

Asisten lll, Haerani Dahlan mengatakan  bahwa terkait dengan penyediaan anggaran, Badan Kepegawain Daerah (BKD) yang hadir  bisa dibantu teman- teman yang memiliki  kekurangan kemudian kesalahan bisa dicarikan solusinya apabila diperlukan kordinasi yang lebih tinggi.

"Olehnya itu teman-teman atau lembaga lainya bisa membagi kontaknya yang kekurangan untuk kordinasi sebuah permasalahan oleh para kepala Daerah pengelola Dana Alokasi Daerah," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Sinjai, Irwan Suaib mengatakan rapat ini dibahas progres kegiatan, serapan anggaran dan capaian kinerja serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan.

"Jadi perangkat Daerah bisa melakukan percepatan ataupun langkah-langkah, supaya penyaluran tahap ke tiga ini bisa terlaksana, sebab Dinas Pendidikan sudah 90%, tinggal sedikit lagi, namun tetap tidak bisa salur dan mungkin ada langkah-langkah atau penginputan supaya bisa tersalurkan cepat," ungkapnya.

"Olehnya itu semua yang diberikan pemerintah pusat bisa tersalurkan semuanya dan bisa dilaksanakan dengan baik oleh perangkat Daerah," kuncinya. 

Kepala Seksi Bank KPPN, memberikan masukan bahwa Minggu ini bagi yang belum menyelesaikan penginputan agar segera dilakukan supaya tahap ke tiga ini tepat  karna batas waktunya sudah di tetapkan 15 Desember.

"Sebab peserta yang sudah datang diantaranya Dinas Pendidikan, Rumah Sakit Umum Daerah, Dinas Pertanian dan dinas Kelautan Perikanan, Kebutulan proses penyalurannya tahap ke 3 belum selesai," terangnya.

Lebih lanjut, Dirinya menyampaikan untuk tahap tiga ini yang sudah salur ada tujuh Bidang itu semua di kelolah oleh Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) badan jalan, Iragasi, air minum, iritasi dan perumahan pemukiman.

Tujuh bidang ini telah salur di bulan September sama Oktober dan untuk bidang yang mengalami kendala, diantaranya di bidang Pendidikan, Kesehatan sama Industri Kentil yang menangani.

"Saya berharap segala permasalahan yang dialami cepat terselesaikan dan silahkan kordinasi kepada Bappeda dan KPPN jika ada permasalahannya agar masalahnya cepat terselesaikan," harapnya.

Laporan : Hasyim
Editor : Haeril

TerPopuler