Tiga Tahun Terakhir Program Perbaikan Rumah Capai 1.032


SINJAI, Sulselpos.id - Target visi misi program bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) atau yang lebih dikenal dengan istilah bedah rumah di Kabupaten Sinjai selama tiga tahun terakhir mencapai 1.032 unit rumah.

Jumlah ini melebihi target setiap tahunnya yang telah dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah kendali Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Sinjai, Drs Muh Irvan menjelaskan total 1.032 unit rumah yang tersentuh program ini terdiri dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak 343 unit dan APBN sebanyak 689 unit rumah.

"Berdasarkan visi misi pak Bupati (ASA Red) 75 rumah setiap tahunnya ini sudah melampaui taget," ungkap Irvan yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/11/2021)

Irvan menjelaskan, bahwa capaian program yang melampaui target ini tidak lepas dari peran Bupati ASA yang senantiasa berupaya bagaimana agar penambahan jumlah penerima RTLH melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) terus bertambah setiap tahunnya.

Apalagi program ini sangat dinantikan oleh warga di sembilan kecamatan yang memang mempunyai rumah tidak layak huni.

"Ini tidak lepas dari peran pak Bupati karena masyarakat kita memang sangat membutuhkan perbaikan rumah, khususnya rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni," jelasnya.

Selain itu, pihaknya menegaskan program bedah rumah akan terus berlanjut hingga akhir periode Bupati Sinjai hingga tahun 2023 mendatang.

"Untuk tahun depan program ini tetap dilanjutkan sesuai harapan pak Bupati sehingga lebih banyak lagi yang tersentuh program bedah rumah," tutup Irvan.

Salah satu penerima bantuan bedah rumah yang bersumber dari DAK tahun 2021, Nurlaelah mengaku bersyukur program ini telah dirasakan  manfaatnya.

Kondisi rumah yang sebelumnya tidak layak huni, kini tidak lagi bocor. Air hujan juga tidak lagi menembus atap rumahnya.

"Alhamdulillah semenjak kepemimpinan bapak Andi Seto, kami mendapat program bantuan bedah rumah yang sekarang, tempat tinggal kami sudah sangat layak huni,” pungkas Nurlaelah warga Lingkungan Benteng, Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara. 

Pardi

0 Komentar