Mengenal Lebih Dekat Perpusdes Makkawarue Desa Saohiring -->

Mengenal Lebih Dekat Perpusdes Makkawarue Desa Saohiring

Selasa, 16 November 2021, 21:38

SINJAI, Sulselpos.id - Perpustakaan menjadi salah satu tempat yang cocok bagi siapapun yang ingin mencari referensi buku, jurnal, hingga publikasi. 

Salah satu perpustakaan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya di Desa Saohiring, Kecamatan Sinjai Tengah adalah Perpustakaan Desa (Perpusdes) "Makkawarue" Desa Saohiring.

Perpusdes Makkawarue telah berdiri dan digunakan oleh masyarakat sejak 2008. Saat ini Ketua perpustakaan desa dijabat oleh Herman dan memiliki 2 orang tenaga pemustaka.

Gedung Perpusdes Makkawarue terletak di Kompleks Kantor Desa Saohiring (sebelah Utara bangunan utama Kantor Desa Saohiring) membuka Jam layanan setiap hari Senin - Jumat dari pukul 07.30 - 15.00 Wita dan jam layanan tutup pada hari libur Nasional dan Cuti Bersama. 

Perpustakaan yang dikenal dengan tagline "Ayo ke Perpustakaan Desa" ini memiliki koleksi sebanyak 1800 eksemplar buku dengan berbagai macam jenis bahan bacaan dan fasilitas penunjang yang bisa dimanfaatkan.

Ketua Perpusdes Makkawarue, Herman menyebut bahwa Perpusdes Makkawarue menjadi salah satu penerima stimulus peningkatan layan baca dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia.

"Melalui Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Perpusdes Makkawarue menerima berupa 700 eksemplar buku bacaan, 3 Unit Komputer, Printer, Wifi serta Rak Buku," ungkapnya, Selasa (16/11/21).

Selain itu adapun cara dan syarat mendaftar untuk menjadi anggota Perpusdes secara online diantaranya.

1. Siswa (SD, SMP, SLTA), Mahasiswa dan umum. Baik warga Desa Saohiring maupun warga di luar desa, berdomisili di Desa Saohiring atau di luar desa.

2. Mengisi formulir pendaftaran pada link https://forms.gle/oEvvJXkC9s15syGy5.

3. Kartu Anggota Perpustakaan dapat dipergunakan untuk mendapatkan layanan perpustakaan, seperti peminjaman koleksi bahan bacaan.

4. Perpanjangan masa berlaku Kartu Anggota Lama, sama seperti proses pembuatan Kartu Anggota Baru, dengan cara menyerahkan Kartu Anggota Lama.

Haeril

TerPopuler