Kapolres Sinjai Hadiri Pesta Adat di Kampung Caile


SINJAI, Sulselpos.id - Kapolres Sinjai AKBP Iwan Irmawan menghadiri acara pesta adat Mappugau Hanua di Lapangan Kampung Caile, Dusun Baru, Desa Kanrung, Kecamatan Sinjai Tengah, Senin (29/11/21).

Dengan mengusung tema "Mewujudkan Nilai-Nilai kebudayaan Sebagai Dasar Pengembangan Masyarakat Lokal".

Pesta Adat Mappugau Hanua merupakan rutinitas adat Kecamatan Sinjai Tengah sebagai ungkapan rasa syukur penduduk setempat terhadap hasil panen pertanian dan perkebunannya.

Ini sudah menjadi tradisi adat secara turun-temurun yang digelar setiap tahunnya secara bergiliran oleh masyarakat Desa Kanrung, Desa Saohiring dan Kelurahan Samaenre Kecamtan Sinjai Tengah.

Kapolres Sinjai, AKBP Iwan Irmawan dalam sambutannya yang intinya sangat mengapresiasi kegiatan adat tersebut dimana selain sebagai acara rutin juga sebagai ajang silaturahmi dan mempererat persaudaraan serta kebersamaan diantara warga.

Kapolres Sinjai tak lupa pula mengingatkan warga agar tetap memperhatikan Prokes terutama penggunaan masker serta menghimbau warga yang belum vaksin untuk segera mengikuti vaksinasi demi kebaikan semua.

"Upacara adat pada dasarnya merupakan bentuk perilaku masyarakat yang menunjukan kesadaran terhadap masalalunya, melalui pesta adat ini kita dapat melacak tentang asal usul baik itu tempat, tokoh, sesuatu benda, kejadian alam," ujar Kapolres Sinjai.

"Adat istiadat ini wujud dari kebudayaan kita, dan ada unsur-unsur positifnya. Diantaranya sistem religi (kepercayaan agama), sistem ilmu pengetahuan, sistem kemasyarakatan atau kekerabatan," tambahnya.

Kegiatan diamankan personel Polres Sinjai yang dipimpin oleh Kabag Ops selaku Koordinator pengamananan yang terjun langsung melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalulintas sepanjang jalur menuju lokasi kegiatan.

Selain Kapolres Sinjai, acara ini dihadiri pula Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong, Anggota DPRD Provinsi SulSel Drs A.Muchtar Mappatoba, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Yuhadi Samad.

Mewakili Kadis Kominfo dan persandian Drs Syamsir Tabiala, Anggota DPRD Zainal A.Hasnur, Kapolsek Sinjai Tengah Iptu Aswar, Camat Sinjai Tengah Muh. Jufri, Wakil Ketua Bidang Organisasi PMI Sinjai Dr. Pagga, Plt Kepala Desa Kanrung A. Asda Kadir, Para Kepala Dusun Desa Kanrung, Para Tokoh Pemangku Adat Dusun Baru dan warga masyarakat setempat.

Haeril

0 Komentar