Presiden Jokowi : Porang Bakal Jadi Tanaman Ekspor Andalan Indonesia


MADIUN, Sulselpos.id - Presiden Jokowi mengunjungi  pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac di Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/08/21).

Dalam kunjunganya Jokowi mengatakan kepada menteri Pertanian Tanaman Porang bakal jadi tanaman ekspor andalan.


"Tanaman Porang ini bakal jadi komoditas ekspor andalan baru dari Indonesia jika kita serius menggarapnya," kata Jokowi.


Jokowi juga menerangkan Pernah dengar soal tanaman porang? Sejenis umbi-umbian yang biasa diolah menjadi beras, shirataki, campuran produk kue, sampai  kosmetik.


"Porang merupakan komoditas baru yang dapat memberikan nilai tambah yang baik tidak hanya bagi perusahaan pengolah porang tetapi juga kepada para petani porang," ujar orang nomor 1 di Indonesia ini.


Lebih lanjut dia menjelaskan "Bayangkan, satu hektar lahan dapat menghasilkan 15 - 20 ton porang. Pada musim tanam pertama para petani dapat menghasilkan hingga 40 juta ton porang dalam 8 bulan. Nilainya sangat besar, pasarnya masih terbuka lebar," terannya melalui unggahan medsosnya.


"Ke depan, saya berharap, porang dapat diekspor tidak hanya dalam bentuk mentah dan barang setengah jadi, namun sudah dalam bentuk beras porang," tutup Jokowi.


Pardi

0 Komentar