ASN Kemenag Sinjai Ikuti Ujian Dinas dan UPKP Secara Online


SINJAI, Sulselpos.id - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sinjai H Masykur didampingi Kasubbag Tata Usaha H Syamsul Bakhri dan Analis Kepegawaian Khaeruddin dalam pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP) bagi ASN Kemenag Sinjai di Lantai 2  Ruang Meeating Room Kemenag Sinjai.

Dimana tujuan diselenggarakan ujian dinas ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan setiap ASN yang akan naik pangkat/golongan yang lebih tinggi yang telah ditentukan oleh peraturan perundang undangan dan agar seluruh ASN yang telah memenuhi syarat naik pangkat/golongan yang lebih tinggi dapat mengembangkan diri melalui peningkatan kualitas.

Kegiatan Ujian Dinas yang biasanya dilaksanakan di Kantor Wilayah, kini dilaksanakan pada satker masing-masing di tingkat Kabupaten / Kota secara online dengan mengakses pada laman https://ropeg.kemenag.go.id/link-soal-udin-upkp.

Tentunya metode ujian secara online ini dipilih untuk mengurangi penyebaran covid19 dan mematuhi anjuran dari pemerintah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

KakanKemenag Sinjai, H.Masykur mengatakan bahwa Ujian Dinas dan UPKP dalam rangka memberikan penghargaan kepada pegawai dengan memberikan kesempatan mengembangkan karier menuju jenjang kepangkatan setingkat lebih tinggi, dengan demikian akan berimplikasi pada meningkatnya kesejahteraan.

"Selamat mengikuti ujian dinas Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat ini, semoga bisa lulus dengan hasil yang terbaik dan dapat meningkatkan kinerja selaku ASN Kemenag Sinjai karena Ujian Dinas dan UPKP adalah proses yang harus ditempuh  oleh ASN yang merupakan fasilitasi kesempatan kenaikan pangkat dan penyesuaian ijazah sesuai ketentuan yang berlaku," ucapnya, Senin (30/08/21).
 
"Selain untuk menegakkan aturan dalam tertibnya administrasi kepegawaian, ujian ini juga bermanfaat untuk pembinaan karier pegawai," kata H.Masykur.

Selain itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, H.Syamsul Bakhri yang turut hadir memantau jalannya pelaksanaan ujian dinas berharap Kepada ASN Kemenag Sinjai yang ikut kali ini agar bisa lulus dan memperoleh nilai yang baik. 

“Pahami betul soal-soal yang diberikan dan jawab dengan baik dan teliti, manfaatkan kesempatan ini dengan baik, tentunya kedepan setelah mengikuti ujian dinas dan lulus pastinya dapat meningkatkan kesejahteraan ASN karena akan memenuhi syarat untuk kenaikan pangkat / golongan yang lebih tinggi dari sebelumnya," ungkapnya.

Sementara itu, menurut laporan Pelaksana Analis Kepegawaian Kantor Kemenag Sinjai, Khaeruddin menjelaskan pelaksanaan Ujian (UPKP) dan Ujian Dinas yang diikuti ASN Kemenag Sinjai sebanyak 18 orang peserta. 

Dari 18 orang peserta tersebut, terdapat 2 peserta mengikuti Ujian Dinas Tingkat I dan 1 peserta mengikuti UPKP Tingkat II 1 orang dan UPKP Tingkat III 15 orang jadi total Keseluruhan sebanyak 18 orang Peserta dengan rincian satker Kemenag Sinjai yang diikuti sebanyak 6 orang, dari satker Kantor Urusan Agama Kecamatan sebanyak 5 orang dan dari Satker Madrasah Negeri sebanyak 7 orang.

Pelaksanaan Ujian Dinas dan UPKP bagi ASN dilingkunan Kemenag Sinjai tersebut berlangsung selama 4 hari mulai 30 Agustus - 02 September 2021.

Adapun Mata Pelajaran yang diujikan dalam  Ujian Dinas dan UPKP diantaranya adalah  Pancasila, UUD 1945, Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia, Kebijakan Pemerintah, Korpri, Pengetahuan Teknis, Peraturan Per UU Kepegawaian, Sejarah Indonesia, Bahasa Indonesia, Teori Kepemimpinan, Pengetahuan Perkantoran, Tupoksi SOTK Kemenag dan Peranan Agama Dalam Pembangunan, Perkembangan Politik Luar Negeri, Seminar Karya Tulis Ilmiah, Ujian Kapita Selekta (Wawancara), Tes Bakat Minat dan Kepribadian (Wawancara).

Haeril

0 Komentar