Tembus 7.1 Milyar, APH Diminta Awasi Proyek Penataan Kawasan Alun-alun Sinjai


SINJAI, Sulselpos.id - Proyek penataan kawasan Alun-alun Sinjai Bersatu yang terletak di Jalan Tondong Sinjai, Kecamatan Sinjai Utara terbilang fantastis. Sabtu, (8/7/2023).

Tidak main-main, proyek ini menelan anggaran Rp. 7.122.406.000 Tujuh miliar seratus dua puluh dua juta empat ratus enam ribu rupiah yang bersumber dari APBD Pemda Sinjai tahun 2023.

Saat ini yang dulunya kawasan kuliner kini dalam tahap pengerjaan oleh pelaksana CV. Sahira Jaya Konstruksi.

Terlihat pekerja dan alat berat lalu-lalang untuk menata tempat yang diperkirakan akan rampung dalam waktu 120 hari kalender ini.

Pelaksana juga memasang papan proyek. Di papan proyeknya tertera nomor kontrak proyek, yakni No. 17/PPK-BG/kontrak/DPUPR/V/2023.

Paket proyek ini masuk di sub kegiatan rehabilitasi, renovasi, dan ubah sesuai bangunan gedung untuk kepentingan strategis daerah kabupaten/kota.

Kepala Dinas PUPR Sinjai, Haris Achmad mengatakan Haris, Rehab Lapangan Sinjai Bersatu menjadi alun-alun Sinjai dimulai dengan penataan kembali pusat kuliner serta rehabilitasi irigasi. 

Sehingga tampak depan alun-alun Sinjai dapat langsung dilihat.

“Jadi semua ditata (kuliner read) untuk dimasukkan ke dalam Lapangan Sinjai Bersatu. Jadi dari depan sudah tampak alun-alun ke dalam,” tambahnya.

Menurutnya, rehabilitasi lapangan Sinjai Bersatu menjadi Alun-alun Sinjai tidak merubah fungsi sebagai ruang terbuka hijau (RTH), termasuk aktivitas atau kegiatan pemerintahan menjadi lokasi upacara dan tempat pameran pembangunan.

“Hanya ditata dengan baik, menjadi Alun-alun Sinjai, tapi tetap menjadi RTH untuk kegiatan-kegiatan seperti pameran, upacara dan lain sebagainya,” jelasnya.

Terpisah, salah satu pemuda Sinjai yang juga aktivis Mahasiswa ini, Haerul meminta agar pembangunan ini betul-betul sesuai dengan RAB agar fungsi pembangunan nantinya dapat dimanfaatkan Warga Sinjai dengan baik.

"Kita tentunya berharap agar APH (aparat penegak hukum) selalu memantau pembangunan ini, jangan sampai dikerja asal-asalan," kuncinya.

Par

0 Komentar