Wakil Rektor 1 Lantik Komisioner Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa UMSi


SINJAI, Sulselpos.id - Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi) membentuk Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) UMSi Tahun 2022 di Aula Fakultas Pertanian UMSi, Jumat (25/02/22). 

Dimana 10 orang Komisioner KPUM UMSi dilantik langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Al- Islam Kemuhammadiyahan dan PMB Universitas Muhammadiyah Sinjai, Muhammad Lutfi. 

Dalam sambutannya, Muhammad Lutfi menyampaikan bahwa pimpinan Universitas mengapresiasi terbentuknya KPUM sebagai wadah bagi mahasiswa dalam mempersiapkan terlaksananya pemilu raya Mahasiswa yang demokratis.
 
"Semoga komisioner yang terpilih dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga menghasilkan pimpinan mahasiswa yang dapat membawa BEM dan DPM ke arah yang lebih baik serta dapat ikut serta memajukan UMSi sebagai perguruan tinggi yang unggul," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPM UMSi, Ihsan Akbar mengatakan, Dasar pembentukan KPUM ini merujuk pada amanah pedoman kemahasiswaan terkait fungsi DPM dalam penataan lembaga kemahasiswaan serta sukses menyelenggarakan Pemilihan Umum Mahasiswa, maka dari itu perlunya pembentukan penyelenggara yang konstitusional.

KPUM tentunya merupakan kelengkapan DPM yang bersifat sementara yang akan menyelenggarakan tahapan pemilihan Formatur DPM serta Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa BEM UMSi.

"Dengan legitimasi serta beberapa kali pelatihan terkait kepemiluan bersama KPU Kabupaten Sinjai kami mencoba menerapkan sistem demokrasi yang lebih efektif dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," jelasnya.

Lebih lanjut, Dirnya berharap dengan adanya KPUM ini mendapat support dari pimpinan birokrasi kampus serta teman teman lembaga mitra kelembagaan Universitas Muhammadiyah Sinjai sehingga sistem demokrasi berjalan dengan semestinya.

"Bagi setiap anggota KPUM untuk bisa berkomitmen, konsisten dan kompak serta mematuhi Undang-Undang yang telah terbentuk," terangnya.

Dalam pelantikan turut hadir, Wakil Dekan Fakultas Pertanian, Andi Ridha Alamsyah, Mentri Dalam Negeri BEM UMSi, Rifaldi Aprilianto serta pimpinan lembaga Kemahasiswaan se-Universitas Muhammadiyah Sinjai.

Haeril

0 Komentar