PKM Dosen IISIP Yapis Biak Lakukan Program Pengabdian Dengan Ibu-ibu PKK -->

PKM Dosen IISIP Yapis Biak Lakukan Program Pengabdian Dengan Ibu-ibu PKK

Selasa, 02 November 2021, 20:06

PAPUA, Sulselpos.id - Pelaksana Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun 2021 oleh Dosen Institut Ilmu Sosisl Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak menggelar program pengabdian di kampung Wisata Binsari Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Dengan tujuan mendorong kemandirian ekonomi masyarakat dengan menghidupkan ekonomi keratif, melalui pengembangan kerajinan tangan yang ada. 

Pembangunan ekonomi bangsa adalah meningkatkan pendapatan perkapita sekaligus peningakatan pendapatan masyarakat secara merata. 

Untuk Indonesia bagian timur khususnya Papua masalah kesenjangan ekonomi sudah menjadi masalah klasik tingginya tingkat pengangguran yang terjadi di Papua dimana penyerapan tenaga kerja sangat sedikit. 

Dan yang paling sedikit menyerap tenaga kerja adalah sektor perdagangan. Salah satu faktor penyebabnya adalah sumber daya manusia yang minim sehingga kreatifitas dan inovatif masyarakat juga minim. 

Jika dilihat dari sisi sumber daya alamnya berbanding terbalik. Tujuan dalam pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra sangat perlu kelompok ibu-ibu PKK diberikan bekal pendidikan dan keterampilan yang dapat dikembangkan melalui pelatihan Entrepreneurship. 

Dengan adanya program ini menambah wawasan dan pengetahuan mitra dan akan meningkatkan daya jual produk lokal, peluang usaha semakin terbuka lebar, mengurangi tingkat penganguran dikalangan ibu rumah tangga. 

Dan mendorong industri kreatif rumah tangga dengan melakukan pemberdayaan, pendampinga. 

Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan mitra adalah melakukan pelatihan Entrepreneurship dimana muatan pelatihan tersebut adalah :

Pelatihan manajemen SDM, Pelatihan manajemen bisnis, Pelatihan manajemen pemasaran produk, Pelatihan pemanfaatan media teknologi sebagai media pemasaran produk. 

Dimana sasarannya adalah : 1. Peningkatan kemampuan dan pengetahuan SDM untuk membentuk mitra menjadi wirausahawan yang handal,

2. Perubahan pola pikir masyarakat dalam hal pengelolaan usaha untuk membentuk kemandirian kelompok usaha  

3. Meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mitra tentang cara memasarkan produk dengan baiik  

4. Pemanfaatan media teknologi/media sosial sebagai sasaran untuk memperluas pasar produk yang dimiliki mitra.

Menurut Ketua Tim Pelaksana PKM, Isal Anwar Hasan bahwa proses kegiatan dilaksanakan dari bulan Juni-Oktober 2021 dan ending dari hasil kegiatan ini adalah adanya perubahan pola pikir mitra mulai dari etos kerja.

"Memperbaiki kualitas hasil produk kerajinan tangan, menambah kapasitas produksi barang serta menambah jenis produk olahan kerajinan tangan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mitra tentang cara memasarkan produk dengan baiik," ucapnya, Selasa (02/11/21).

Haeril

TerPopuler