Keren, Petani Porang di Sinjai Borong Semakin Meningkat, Hingga Membentuk Sebuah Komunitas -->

Keren, Petani Porang di Sinjai Borong Semakin Meningkat, Hingga Membentuk Sebuah Komunitas

Minggu, 14 Maret 2021, 19:52



SINJAI, Sulselpos.id---Porang merupakan tumbuhan yang memiliki umbi tunggal dan dapat dikeringkan serta diolah menjadi tepung untuk dibuat bahan makanan, dengan itu setiap tahun kebutuhan akan umbi porang semakin banyak diminati dan bernilai jual yang menjanjikan.


Seperti halnya dengan salah satu petani porang di Sinjai yang memiliki sebuah komunitas/Grub yang dinamai Petani Porang Indonesia.


Andi Nasrullah Nasir salah satu Petani Porang yang membudidayakan sekitar 100.000 Pohon Porang yang terletak di Dusun Tomantang, Desa Bonto Sinala, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai. Minggu, (14/03/2021).


Nasrullah menceritakan awal mula tertarik untuk menanam porang hingga membentuk sebuah komunitas/ Grub petani porang indonesia.


"Dulu waktu mengenal porang di awal itu, dari pedagang yang menyuruh menanam pada saat itu masih harga 3 ribu,  kemudian kami buat grup petani porang Indonesia nah disitu banyak bergabung" Ungkapnya


Lanjut dikatakanya, Karena banyak permintaan untuk mengenal porang maka dirinya mulai mencari tahu  tentang porang kemudian membudidayakanya.


"Kalau kemarin masih sedikit, Cuman bibit yang lalu tinggi bijinya (Katak) Sekitar seratus kilo itupun belum semuanya, dan itu bibit setiap tahun ada kemudian kalau panen mungkin tahun ini bulan 7 baru ada target panennya", Tuturnya.


Feni

TerPopuler