Dorong Minat Baca, Taman Baca Nurul Jihad Ajak Peserta Didik Belajar di Alam Terbuka


GOWA, Sulselpos.id---
Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan diluar ruangan merupakan salah satu tekhnik pembelajaran yang mengasyikkan dan juga dapat menumbuhkan spikis motorik peserta dari banyak hal yang bisa dieksplorasi oleh tenaga pengajar dan peserta didik di sekitar lingkungan pembelajaran.


Sama halnya dengan apa yang dilakukan oleh Akbar G, selaku Founder Taman Baca Nurul Jihad Parangbebbu Desa Tonasa, Kacematan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa.


Akbar G yang akrab di panggil Emil, justru senang membawa adik-adik peserta didik untuk belajar di luar ruangan baik itu di ladang, lapangan, kebun, ataupun pematang sawah, Minggu (21/3/21)


"Pembelajaran monoton di dalam ruangan, membuat para peserta didik ini akan merasa jenuh dan bosan. Jadi diperlukan langkah strategis untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya adalah membawa mereka ke lingkungan terbuka sehingga mereka bisa merasai hembusan angin, melihat gunung , sungai, para petani membajak sawah" ungkap Emil.


Selain itu, pembelajaran di luar ruangan akan meningkatkan kreativitas peserta didik secara personal serta mereka mampu memanfaatkan segala apa yang ada di alam sebagai media belajar, tambah Emil.


"Ketika mereka melakukan kegiatan belajar di luar ruangan seperti di ladang dan sawah, mereka paham bahwa dunia luar merupakan suatu sarana belajar pengalaman di alam bebas yang mana bisa merasakan langsung perihal materi yang di ajarkan, selanjutnya akan meningkatkan hubungan emosional antara tenaga pendidik dan para peserta didik",Kuncinya.


Imran

0 Komentar