Sekda Sinjai Hadiri Pemaparan Peserta Lomba Desa Tingkat Provinsi


SINJAI, Sulselpos.id Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa hadir mewakili Pj. Bupati Sinjai dalam kegiatan Pemaparan Calon Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Tahun 2024 di Azalea Hall, Claro Hotel & Convention Makassar, Selasa (02/07/2024).


Unsur pelaksanaan kegiatan ini mengambil dasar pada Permendagri No. 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan dengan tema “Mewujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Anggaran Belanja Desa Dan Kelurahan Yang Berkualitas” dengan Dinas PMD Provinsi Sulsel sebagai fasilitator utama.


Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas PMD Sulsel, Andi Muhammad Akbar menyampaikan bahwa penyelenggaraan Lomba bertujuan menyeleksi calon juara dengan tahap penilaian melalui penggambaran pengelolaan pemerintahan, pembangunan, inovasi, serta kesejahteraan masyarakat.


“Saya berharap agar para peserta tidak menjadikan kompetisi ini sebagai ajang bersaing, akan tetapi sebagai wadah agar terus termotivasi mewujudkan Desa/Kelurahan yang berkarakter dan terkelola dengan optimal," katanya.


Dalam pemaparan tersebut Andi Jefrianto memberikan tanggapan bahwa Pemkab Sinjai merasa bangga dengan Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur yang berhasil masuk dalam tiga besar desa terbaik dan akan diseleksi menjadi 1 Desa terbaik mewakili Sulsel pada Lomba Desa Tingkat Nasional nantinya.


“Ajang Lomba Desa/Kelurahan diharapkan mampu mendorong jajaran Pemerintah Desa/Kelurahan bersama masyarakat untuk menemukan, mengenali, memahami dan mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya agar bisa terkelola dengan baik. Tentunya ini menyokong upaya Pemerintah Kabupaten untuk bersama-sama membangun Daerah, khususnya di Kabupaten Sinjai," ungkap Sekda.


Dalam acara tersebut, Sekda Sinjai, Andi Jefri bersama Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai, para Kepala OPD terkait, Camat beserta Ketua TP-PKK Kecamatan Sinjai Timur menyaksikan pemaparan oleh Kepala Desa Panaikang di hadapan para Panelis.


Paparan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan melibatkan Kepala Dinas PMD Kabupaten Sinjai sebagai pendamping dalam penguatan argumen dan presentasi deskripsi.


Lebih lanjut, Sekda mengapresiasi Kepala Desa Panaikang dan seluruh stakeholder yang terlibat serta berkontribusi dalam persiapan pemaparan yang dinilai terlaksana dengan lancar.


Dihadapan Juri dan Panelis, Andi Jefrianto berkesempatan menyampaikan komitmen Pemkab Sinjai untuk senantiasa memberikan dukungan kepada Desa Panaikang dalam memenuhi kepercayaan dan harapan tim penilai lomba Desa/Kelurahan sebagai salah satu Desa dengan potensi terbaik di Sulsel.


“Semua pihak sudah mengupayakan yang terbaik dalam kompetisi ini. Insya Allah, terus optimis diberikan hasil yang maksimal sesuai harapan kita semua," tutup Sekda.


Haeril

0 Komentar