KPU Kabupaten Gowa Gelar Coklit Perdana Pilkada 2024


GOWA, Sulselpos.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa hari ini melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) untuk Pilkada 2024. 

Sebelum dimulai coklit KPU melantik 2036 Pantarlih (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih). 

"Untuk pelantikan Pantarlih 24 Juni ini kita lakukan di masing-masing Kelurahan. Pelantikan dilakukan Ketua PPS masing-masing," ucap Fitra Syahdanul, Ketua KPU Gowa, Senin (24/6/2024). 

Setelah Pantarlih dilantik kemudian dilanjutkan dengan pemutaran data pemilih atau coklit. Coklit diawali dari tokoh masyarakat, tokoh agama yang ada di masing-masing wilayah.

"Sebelum memulai coklit nanti akan ada bimtek (bimbingan teknis) ada pembekalan kepada petugas Pantarlih. Ada Apel bersama menandai kesiapan Pantarlih untuk melakukan e-coklit serentak," jelasnya.

Setelah pembekalan petugas akan mendatangi tokoh masyarakat tokoh agama untuk mecoklit sebagai simbolis bahwa tahapan pilkada telah dimulai.

"Ada banyak tokoh yang akan didatangi, sudah dipetakan di masing-masing wilayah, hari ini saya turut membersamai pencoklitan pertama bersama PPS Romongpolong didampingi langsung oleh Pak Muh. Zulfikar Hasanuddin (Sekcam sekaligus Kasek PPK Sombaopu)," tambahnya.

Ia juga menyampaikan harapannya kepada seluruh masyarakat khusunya di Kabupaten Gowa untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada Serentak dengan cara menyiapkan dokumen-dokumen yang di butuhkan pantarlih ketika door to door ke rumah-rumah dan senantiasa mensosialisasikan kegiatan Pilkada kali ini. 

Diketahui, Coklit ini berlangsung satu bulan mulai 24 Juni sampai 25 Juli 2024.

Haeril

0 Komentar