Pj Bupati Sinjai Imbau Masyarakat Tidak Buang Sampah Sembarangan Guna Cegah Banjir


SINJAI, Sulselpos.id – Memasuki musim penghujan, Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.


Langkah ini diambil sebagai upaya untuk mencegah terjadinya banjir dan menjaga kebersihan lingkungan di wilayah Kabupaten Sinjai.


Dalam keterangannya, orang nomor satu di Kabupaten Sinjai ini menyampaikan bahwa kebiasaan membuang sampah sembarangan, terutama di selokan dan sungai, dapat menyebabkan penyumbatan aliran air yang berujung pada banjir.


“Sampah yang menumpuk di saluran air akan menghambat laju air dan berpotensi menyebabkan banjir, yang tidak hanya merusak infrastruktur tetapi juga dapat mengakibatkan banjir atau genangan air," ujarnya, Jumat (17/05/2024).


Pj Bupati juga menekankan pentingnya kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Ia mengajak warga untuk lebih peduli terhadap dampak dari sampah yang dibuang sembarangan dan untuk mulai membudayakan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya.


“Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. Dengan menjaga kebersihan, kita tidak hanya mencegah banjir tetapi juga menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman bagi kita semua,” tambahnya.


Selain itu, Pj Bupati Sinjai juga mengajak masyarakat untuk senantiasa melakukan kerja bakti dengan bergotong royong membersihkan lingkungan masing -masing.


“Masyarakat diharapkan dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan demi kenyamanan dan keselamatan bersama. Dengan kesadaran dan tindakan yang tepat, ancaman banjir akibat musim hujan yang terjadi saat ini dapat diminimalisir secara signifikan," harapnya.


Beberapa pekan belakangan ini, jajaran pemerintah Kabupaten Sinjai yang dipimpin langsung oleh Pj Bupati Sinjai turun langsung melakukan pengerukan dan pembersihan kanal dan drainase disejumlah titik dalam kota sinjai. Hal ini guna mengantisipasi terjadinya banjir.


Haeril

0 Komentar