Masa Tanggap Darurat Hingga 30 Mei, Pemkab Sinjai Terus Genjot Pengerukan Drainase


SINJAI, Sulselpos.id – Beberapa pekan belakangan ini, Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah beserta jajarannya intens melakukan pengerukan dan pembersihan drainase / kanal di sejumlah titik dalam wilayah Kota Sinjai.


Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya antisipatif mencegah dan meminimalisir potensi terjadinya genangan maupun banjir. Apalagi mengingat saat ini telah memasuki musim penghujan. 


Kali ini, pengerukan sedimen dilakukan di Jalan Yahya Mathan, Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara.


Kanal yang berada di sepanjag jalan itu dikeruk oleh Tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sinjai dengan menurunkan alat berat jenis eskavator. 


Pengerukan tersebut dipimpin langsung oleh Kadis PUPR Sinjai, H. Haris Achmad.


“Iya, hari ini kita turun lagi melakukan pengerukan sebagai upaya normalisasi saluran dalam rangka antisipasi banjir,” kata Haris Ahcmad.


Menurutnya, pengerukan sedimentasi ini penting untuk mengembailkan fungsi pada kanal atau drainase tersebut. 


“Selain ditempat ini, beberapa kanal hingga drainase dalam kota sinjai juga telah dilakukan pengerukan dan pembersihan sesuai arahan Bapak.Pj Bupati,” sebutnya. 


Proses pengerukan kanal/ drainase dalam wilayah kota Sinjai masih akan terus dilakukan.


Sebelummya, Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah  menyampaikan bahwa pengerukan dan pembersihan drainase ataupun kanal  akan terus digenjot setiap hari hingga 30 Mei mendatang.


Sehingga dengan upaya itu, T.R mengharapkan agar tidak ada lagi genangan air di area kota saat hujan tiba.


“Selama masa tanggap darurat ini, kita terus genjot pemgerukan atau pembersihan kanal, drainase dan sungai. Kita terus menurunkan tim satgas tanggap darurat setiap hari,” ungkapnya.


Seperti diketahui, pembersihan kanal/drainase mulai dilakukan pada 3 Mei lalu. Hingga saat ini, sebagian besar kanal drainase yang telah dibersihkan berada di wilayah Kelurahan Bongki, Balangnipa dan Biringere.


Haeril

0 Komentar