Terpilih Sebagai Ketum PB HMI, Bagas Berkomitmen Membangun Bangsa -->

Terpilih Sebagai Ketum PB HMI, Bagas Berkomitmen Membangun Bangsa

Senin, 11 Desember 2023, 22:15
Bagas Kurniawan
PONTIANAK, Sulselpos.id - Bagas Kurniawan terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dalam kongres XXXII di Pontianak.

Terpilihnya Kandidat doktoral di Institut Pertanian Bogor ini tak hanya jadi era baru organisasi, tetapi membawa harapan besar dan segudang inovasi.

Bagas mengaku siap mengaplikasikan ilmu dan pengalamannya untuk membawa HMI kearah yang lebih responsif

“Tentunya harus berkontribusi dalam pembangunan bangsa,” terangnya.

Kata Bagas, jabatan Ketum PB HMI adalah sebuah tanggung jawab serta kehormatan yang besar. Di pundaknya, Ia punya empat pilar utama yang akan menjadi fokus utama organisasi. Mulai dari pengkaderan berkualitas, advokasi keadilan sosial, pemberdayaan sumber daya manusia, dan kolaborasi multisektor.

“Jadi HMI tentu tak hanya jadi organisasi saja, tapi harus menjadi agen perubahan sosial yang aktif. Kami berkomitmen untuk mengembangkan kader yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki integritas, karakter, dan kepedulian sosial yang kuat,” tambah Bagas, melansir, laman Liputan6.com.

Untuk pengkaderan berkualitas, Bagas berencana mengintegrasikan kurikulum yang modern dan relevan dengan kebutuhan zaman, serta memfokuskan pada pembinaan karakter kader yang kuat.

Dalam hal advokasi keadilan sosial, Bagas menekankan pentingnya peran HMI dalam memperjuangkan kebijakan yang mendukung kesejahteraan masyarakat.

“HMI akan aktif dalam mengadvokasi isu-isu keadilan sosial dan menjadi suara bagi mereka yang tidak terdengar,” kata Bagas.

Bagi Bagas, pemberdayaan sumber daya manusia merupakan kunci untuk mengembangkan HMI sebagai organisasi yang kuat.

“Kami akan melaksanakan program pelatihan dan pengembangan keterampilan untuk menyiapkan kader sebagai pemimpin masa depan yang berkompeten, serta memperkuat kolaborasi dengan berbagai sektor untuk meningkatkan dampak dan jangkauan HMI di tingkat nasional dan internasional,” jelas Bagas.

Sosok Santri NU yang Mengabdi di HMI  

Bagas besar di lingkungan NU Jawa Timur. Dia pernah nyantri di Pondok Pesantren Avverous Nepen, Kabupaten Kediri, hingga menyelesaikan Pendidikan S1 di Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) dan S2 Ilmu Manajemen Keuangan FEB UI.

Kini Bagas Kurniawan tengah menempuh Program Doktoral Keuangan dan Investasi di Sekolah Bisnis UI.

Bagas juga aktif di berbagai organisasi, di antaranya Wakil Ketua Umum Center of Studies for BUMN, Policy Center ILUNI UI (Ikatan Alumni Universitas Indonesia), Co-Founder Yayasan Daha Cendekia Kediri, Ketua Umum HMI FEB UI, serta Ketua Umum HMI Cabang Depok.

Latar belakangnya yang kaya akan nilai-nilai intelektualitas, keislaman, modernitas dan keindonesiaan sangat menonjol di antara Calon Ketua Umum PB HMI lainnya.

Wiwi


TerPopuler