Fakultas Kesehatan Masyarakat UMI Ajarkan Masyarakat Kreasi Olahan Nugget Kurma Untuk Peningkatkan Vitalitas -->

Fakultas Kesehatan Masyarakat UMI Ajarkan Masyarakat Kreasi Olahan Nugget Kurma Untuk Peningkatkan Vitalitas

Minggu, 26 November 2023, 16:56
Pengabdian Masyarakat FKM UMI di Kabupaten Takalar
TAKALAR, Sulselpos.id - Fakultas Kesehatan Masyarakat  Universitas Muslim Indonesia (UMI) melakukan Pengabdian kepada masyarakat yang di fasilitasi oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) UMI.

Kegiatan ini mengusung  tema "Cegah Persalinan Lama Pada Ibu Melalui Optimalisasi Peran Pendamping Persalinan Dan Kreasi Olahan Nugget Kurma Untuk Peningkatkan Vitalitas  di Desa Paddingin Kab. Takalar".

Dosen dan Mahasiswa program Studi Kebidanan  yang di ketuai oleh Dr. Sundari, SST., MPH , Samsualam.S.Kep,Ns.M.Kes sebagai anggota dan 2 mahasiswa Kebidanan atas nama Fita anggraeni dan Salsabila.

Dr. Sundari, SST.,MPH menyampaikan bahwa Persalinan adalah proses membuka dan menipisnya serviks, dan janin turun ke dalam jalan lahir atau proses pengeluaran janin yang terjadi pada kehamilan cukup bulan (37-42 minggu), lahir spontan dengan presentasi belakang kepala yang berlangsung dalam 18 jam, tanpa komplikasi baik pada ibu maupun pada janin.

"Ada beberapa persalinan jenisnya salah satunya adalah persalinan lama atau  Partus lama atau prolonge labour. Ini bisa menyebabkan komplikasi pada ibu dan janin," jelasnya , Minggu (26/11/23) pada awak media.

"Komplikasi pada ibu meliputi trauma obstetrik dan korioamnionitis, sedangkan komplikasi pada janin meliputi asfiksia neonatorum dan admisi ke ruang rawat intensif. Di Indonesia, partus lama dilaporkan sebagai penyebab 1-1,8% kematian ibu. Inimerupakan kasus kasus kegawat daruratan dalam kebidanan," lanjutnya.

Ia juga menjelaskan Penyebab Partus lama dikarenakan abnormalitas pada kekuatan kontraksi (power), jalan lahir (passage), atau posisi janin (passenger). Risiko terjadinya partus lama meningkat dengan faktor berupa nuliparitas, analgesik epidural, dan usia ibu lebih dari 35 tahun.

"Pemenuhan nutrisi dan hidrasi merupakan faktor penting selama proses persalinan untuk menjamin kecukupan energi dan keseimbangan cairan dan elektrolit normal pada ibu. Salah satunya dengan buah kurma. Sari kurma (Phoenix dactylifera L) mengandung stimulan tertentu yang memperkuat otot-otot rahim dalam beberapa bulan terakhir kehamilan. Hal ini membantu memperkuat kontraksi rahim pada saat persalinan. Kandungan karbohidrat dalam bentuk glukosa dan fruktosa alami ini sangat mudah diserap oleh tubuh. Dan fungsinya adalah untuk menggantikan energi yang hilang. Itulah bagi ibu hamil, energi dari gula yang dihasilkan, bermanfaat untuk menambah kekuatan pada saat persalinan," terangnya.

Dr. Sundari,  mengatakan Terdapat 16 ibu hamil di desa pa`dingin yang memerlukan pemantauan maksimal dalam kesehatan. Ibu hamil yang sehat akan melahirkan dengan selamat dan bayi yang sehat. 

"Dari pemeriksaan tanda-tanda vital dan secara garis besar pemeriksaan kehamilan baik inspeksi, papasi dan auskultasi rata-rata kesehatan ibu hamil ini dalam kondisi baik. Namun dalam perjalanan kehamilan dapat berubah menjadi abnormal jika status nutrisinya tidak terpenuhi dengan baik bahkan dipersalinannya dapat terjadi persalinan yang lama. Salah satu solusi nutrisi yang lengkap ada pada kurma untuk kesehatan hamilnya dan bisamencegah terjadinya persalinan lama," ujar Dr. Sundari.

" Banyak perusahaan yang mengembangkan makanan beku siap masak dari berbagai bahan. Contohnya adalah nugget kurma sebagai makanan beku praktis yang mana penyajiannya hanya perlu digoreng saja," pungkasnya.

Par

TerPopuler