Kuatkan Ekonomi Lokal Petani Garam Jeneponto, Jurusan Ilmu Ekonomi UINAM Gelar Pelatihan


JENEPONTO, Sulselpos.id - Pasca dilantik selaku Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi, UIN Alauddin Makassar 2023-2027. Baso Iwang, SE., M. Si, Ph. D, bersama rombongan dosen dan mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi UIN gelar pengabdian masyarakat selama tiga hari.

Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan keterampilan petani garam di Desa Punagayya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto yang berlangsung dari 20-22 Oktober 2023.

Dalam kegiatan tersebut, tim dari Jurusan Ilmu Ekonomi UIN bersama dengan mahasiswa serta petani garam setempat mengikuti kegiatan ini dengan seksama. 

Mereka memberikan pelatihan bagaimana proses produksi garam Hulu hingga Hilir serta strategi pengembangan pemasaran yang lebih efisien, pengelolaan sumber daya, dan penguatan komunitas petani garam. 

Selain itu, para petani juga diajarkan tentang penguatan kelembagaan baik melalui Koperasi maupun BUMDes yang diharapkan dapat membantu mereka meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga. 

Semua upaya ini bertujuan untuk mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam komunitas petani garam, yang merupakan bagian penting dari perekonomian lokal.

Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi, Baso Iwang, SE., M. Si., Ph. D menyatakan akan berkontribusi mengembangkan ekonomi lokal.

 "Kami ingin ikut berkontribusi untuk mendukung petani garam dalam mengembangkan potensi ekonomi lokal. Melalui pendekatan pengabdian masyarakat ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan SDM dan kesejahteraan mereka," jelasnya.

Qarina, SE., M. Si selaku ketua panitia kegiatan berharap kegiatan ini busa bermanfaat bagi petani garam.

“Semoga apa yang kita lakukan hari ini, bisa bermanfaat bagi petani garam, setidaknya mereka memanfaatkan raw material yang ada, menjadi produk yang siap untuk dikonsumsi," harapnya

Diketahui, Kegiatan ini merupakan upaya universitas dalam membangun kemitraan dengan masyarakat lokal untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dan peningkatan kualitas hidup petani garam.

Par

0 Komentar