IISIP YAPIS Biak Kolaborasi Dengan Universitas Pasundan Gelar Seminar Nasional


BIAK, Sulselpos.id - Institute Ilmu Sosial dan ilmu Politik (IISIP) YAPIS Biak bekerjasama dengan Universitas Pasundan menggelar Seminar Nasional dengan tema “Analisis Kebijakan Publik Dengan Menggunakan System Dynamics” berlangsung via zoom meeting, Selasa (26/9/2023).

Seminar Nasional ini menghadirkan narasumber yakni Dr. Hermanu Iriawan (Rektor IISIP YAPIS Biak) sebagai Key Note Speaker, Prof.Dr. Maun Jamaludin (Guru Besar Universitas Pasundan) dan Prof. Dr. Teddy Hikmat Fauzi (Guru Besar Universitas Pasundan sebagai narasumber. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta. 

Rektor IISIP YAPIS Biak, Dr. Hermanu Iriawan dalam pemaparannya menjelaskan bahwa  seminar ini akan menjadi platform yang sangat berharga untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide dalam bidang analisis kebijakan publik. Bersama-sama, kita dapat mendiskusikan tantangan dan peluang dalam menerapkan sistem dinamika dalam analisis kebijakan, serta bagaimana kita dapat menggunakannya untuk menciptakan solusi yang lebih baik untuk tantangan-tantangan masa depan. 

“Analisis kebijakan publik dengan menggunakan sistem dinamika adalah pendekatan yang memungkinkan kita untuk mengidentifikasi, memodelkan, dan menganalisis dampak kebijakan secara lebih komprehensif dan dalam jangka waktu yang lebih panjang. Ini adalah alat yang memungkinkan kita untuk membuat kebijakan yang lebih efektif, berkelanjutan, dan responsif terhadap perubahan sosial, ekonomi, dan lingkungan," jelas Alumni Doktoral administrasi publik Unhas ini.

Sementara itu, Prof. Dr. Maun Jamaludin menjelaskan bahwa fenomena menyangkut dua hal yakni sturktur dan perilaku untuk menganalisis fenomena butuh dukungan data kuantitatif untuk selanjutnya dianalisis untuk merumuskan kebijakannya. 

“Kita butuh data historis untuk memprediksi kedepan, disitulah kita dapat merumuskan kebijakan jangka panjang," katanya.

Sementara itu, Prof. Dr. Teddy Hikmat Fauzi dalam pemaparannya memaparkan tentang aplikasi quality manajemen di sektor publik. 

Wiwi

0 Komentar