Dosen UMI Bekali Masyarakat Takalar Cara Mengolah Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi


TAKALAR, Sulselpos.id - Dosen Universitas  Muslim Indonesia (UMI) melakukan pengabdian masyarakat di Aula Kantor Desa Paddinging Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar, Senin (11/9/23).

Mengusung tema “PKM Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi Sebagai Ide Bisnis Berbasis Lingkungan Di Desa Paddinging Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar”. Kegiatan ini diikuti sebayak 20 warga desa dan anggota PKK Desa Paddinging.

Ketua Pelaksana Kegiatan PKM Dosen UMI di Desa Paddinding Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar adalah Ir. Syamsul Bakhri, ST, MT, IPM didampingi anggota pelaksana Ibu Nur Ilah Padhila, S.Kep,Ns, M.Kes, serta didampingi oleh dua mahasiswa UMI. 

Ir. Syamsul Bakhri, ST, MT, IPM mengatakan bahwa Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Desa Paddinging Kecamatan Sanrobone memberikan edukasi kepada masyarakat desa tentang dampak buruk bagi kesehatan

"Jika minyak jelantah masih digunakan untuk menggoreng dan memberikan pemahaman Iptek tentang cara mengolah minyak jelantah menjadi produk recycle yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis," jelasnya

Syamsul Bakhri yang juga Peneliti ini menjelaskan bahwa minyak goreng selayaknya digunakan maksimal 3 kali. 

"Setiap kali penggunaan minyak goreng, berbagai asam lemak dan vitamin yang dikandungnya akan berkurang, sehinga minyak goreng bekas jika digunakan untuk menggoreng secara berulang dan terus menerus maka minyak goreng tersebut berubah sifat menjadi limbah yang sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi, bahkan dapat mengakibatkan kanker," katanya.

Ahli Pengolahan Limbah ini menambahkan bahwa Minyak goreng jika digunakan secara berulang akan merubah sifat dari minyak goreng tersebut bahkan bersifat limbah, yang jika dibuang begitu saja secara sembarangan maka akan mengganggu ekosistem dan merusak lingkungan sekitarnya. 

Oleh karena itu, dalam kegiatan PkM ini lanjut Dosen Teknik Kimia UMI ini bahwa masyarakat di desa ini diberikan Pemahaman Iptek tentang cara mengolah minyak jelantah menjadi suatu produk yang memiliki nilai ekonomis yaitu Lilim Aromaterapi, bahkan produk Lilin Aromaterapi ini dapat menjadi ide bisnis baru yang dapat dikembangkan di desa ini.

Par


0 Komentar