Babinsa Kodim 1410 Bantaeng Dampingi Dinas Peternakan Pasang Eartag Pada Hewan Ternak Sapi




BANTAENG, Sulselpos.id – Babinsa Koramil 1410-02/Eremerasa, Serka Abd. Majid mendampingi Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bantaeng memasang tanda Eartag pada hewan ternak sapi di Kampung Bissua, Kelurahan Karatuang, Kecematan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Selasa (04/07/23).


Babinsa Kelurahan Karatuang menjelaskan eartag adalah tanda pengenal atau identitas yang dipasang pada daun telinga yang memiliki kode tertentu sesuai peternaknya.


"Tujuan dari pemasangan eartag adalah untuk memudahkan seleksi dan recording serta memudahkan dalam monitoring tata laksana pemeliharaan. Kemudian memudahkan pencatatan dan pendataan populasi hewan, status reproduksi, serta distribusi hewan ternak, serta mengecek hewan ternak PMK," ungkap Babinsa.


Dikatakan, hewan ternak seperti sapi perlu dilakukan penandaan dan pendataan hewan ternak agar diketahui identitas setiap hewan dan populasi hewan ternak yang sudah divaksinasi secara nasional.


“Di dalam aplikasi tersebut petugas akan menginput semua data ternak mulai dari foto NIK peternak, lokasi dan status kesehatan hewan seperti tinggi badan, bobot badan sapi hingga status vaksinasi PMK hewan tersebut,” ujar petugas peternakan.


Reski

0 Komentar