UKM Senior UIAD Sinjai Gelar Seminar Nasional Bertajuk HALAKAH Budaya Nasional


SINJAI, Sulselpos.id - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni dan Olahraga (SENIOR) Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD) Sinjai menggelar Seminar Nasional bertajuk "HALAKAH Budaya Nasional" bertempat di Cafe Amaly, Jl. H. Perdana Kusuma, Kecamatan Sinjai Utara, Sabtu (17/6/2023).

Dihadiri ratusan peserta dari berbagai Perguruan Tinggi dan siswa/i di Kabupaten Sinjai. Tema "HALAKAH Budaya Nasional" dipilih dengan tujuan menggali dan mendalami berbagai aspek budaya nasional yang menjadi identitas bangsa Indonesia.

Seminar nasional ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap keberagaman budaya Indonesia serta mempromosikan warisan budaya yang dimiliki bangsa. Dengan menghadirkan sejumlah pembicara yang ahli di bidang budaya, termasuk akademisi, praktisi, dan budayawan terkemuka. 

Beberapa pembicara terkenal yang tampil dalam seminar ini antara lain yaitu Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong dengan membawakan materi "Tindakan dan Program Pemerintah Dalam Pengembangan dan Pelestarian Seni dan Budaya di Kabupaten Sinjai”, kemudian Wakil Ketua LSB Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Kyai Kusen dengan materi "Prakonsepsi Agama Sebagai Antitesa Kebudayaan Bangsa Indonesia" dan Kasubdid V Siber Ditreskrimsus Polda SULSEL, AKBP Sutomo dengan materi "Bingkai Seni dan Budaya pada Media Sosial Dalam Mengantisipasi Kejahatan di Dunia Maya".

Selama seminar berlangsung, para pembicara menyampaikan paparan menarik mengenai pentingnya melestarikan budaya Indonesia dalam era globalisasi. Mereka juga membahas upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga dan mengembangkan kekayaan budaya bangsa.

Pada kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pameran budaya yang memamerkan berbagai jenis karya seni, kerajinan, dan kuliner tradisional dari berbagai daerah di Indonesia khususnya di Kabupaten Sinjai.

Ketua UKM SENIOR UIAD Sinjai, Muh. Aldi, mengungkapkan kegembiraannya atas suksesnya seminar nasional ini. Ia berharap acara ini dapat menjadi sarana untuk memperkuat rasa kebangsaan dan cinta tanah air di kalangan generasi muda.

"Kami berharap melalui seminar ini, para peserta dapat memahami betapa pentingnya mempertahankan keberagaman budaya Indonesia sebagai modal bangsa dalam menghadapi tantangan masa depan," ucap.

Seminar nasional ini diakhiri dengan Penyerahan Sertifikat Kegiatan Secara Simbolis kepada peserta dari UKM SENIOR UIAD Sinjai di serahkan oleh para Pemateri Kegiatan.

"Dengan berakhirnya seminar nasional ini, diharapkan semangat melestarikan budaya Indonesia terus menggelora di kalangan generasi muda dan menjadi landasan kuat dalam membangun bangsa yang maju dan berkarakter baik dalam dunia nyata maupun dunia maya," tutupnya.

Wiwi

0 Komentar