Fakultas Psikologi UNM Ikuti Kegiatan Tim BKP Mandiri


MAKASSAR, Sulselpos.id - Tim Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) mandiri sebagai bentuk program pemerintah MBKM (Merdeka' Belajar Kampus Merdeka) diikuti oleh seluruh Universitas di Indonesia.

Salah satunya Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar juga ikut serta dalam program tersebut di Balai Rehabilitasi BNN Baddoka Makassar yang berlangsung sejak 30 Mei - 20 Juni 2023.

Terkhusus untuk kelompok 3 pada tim magang Balai Rehabilitasi BNN Baddoka yang beranggotakan 3 orang yakni Nurul Ain, Larissa Insana Purnama, Sonia Azzurric Azhar melaksanakan program Psikoedukasi Management Stress yang di rangkaikan dengan Journaling selama 2 Minggu untuk beberapa klien di balai rehabilitasi BNN Baddoka.

Program Psikoedukasi tersebut di bawakan oleh salah satu dosen Fakultas Psikologi UNM yakni Nur Fitriani Fakhri.

Psikoedukasi yang berdurasikan kurang lebih 4 jam yang di ikuti oleh 10 orang klien yang tinggal di rumah program Arung Palakka (growth) berdasarkan hasil tes awal memiliki tingkat stress dari sedang sampai tinggi.

Kemudian pemberian Journaling gunanya adalah agar klien benar benar bisa berlatih meluapkan apa yang di pikirannya, bukan hanya itu journaling tersebut juga bisa melatih klien agar bisa lebih menghargai diri sendiri dan melatih kebersyukuran.

Para konselor sangat antusias terhadap program tersebut karena sangat membantu dalam proses rehabilitasi klien juga dapat membantu konselor dalam mengenali lebih dalam klien mereka masing masing. 

Sama halnya dengan Klien yang telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini. Mereka turut memberikan respon positif 

"Kami harap kegiatan ini bisa menjadi kegiatan tetap di program kami. Ini sangat membantu saya dalam menjalankan program," ungkapnya, Kamis (22/06/23).

Haeril

0 Komentar