Pentingnya Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Agar Tetap Sehat

Chaerunnisa
OPINI, Sulselpos.id - Kesehatan merupakan hal yang diutamakan dalam kehidupan manusia, salah satunya yaitu kesehatan gigi dan mulut. Dapat kita lihat dan perhatikan disekitar kita masih banyak masyarakat yang tidak memperhatikan kesehatan gigi serta mulutnya terutama pada anak-anak.

Seorang anak tentu belum mengetahui pentingnya menjaga dengan baik kesehatan gigi dan mulut merely. Sehingga, orang tua mempunyai peran penting untuk selalu memperhatikan serta menjaga kebersihan gigi dan mulut anak. Agar terhindar dari sakit gigi atau bau mulut yang kurang sedap.

Apa saja sih faktor yang mempengaruhi status kesehatan gigi dan mulut?
Nah adapun faktornya yaitu disebabkan oleh perilaku dan kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Perilaku yang baik dimulai dari pengetahuan yang baik. Pengetahuan mengenai bagaimana cara merawat serta pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut pada masyarakat dan anak-anak agar tetap sehat serta tidak terjadi kerusakan. Maka dari itu Pentingnya menyikat gigi 2x sehari saat pagi dan malam hari.

Islam telah menegaskan pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut yang telah tertuang dalam hadist. Seperti yang telah ditegaskan Rasulullah dalam sebuah (HR. Al Bukhari dan Muslim) yang mengatakan, “Seandainya tidak memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali melakukan wudhu.” Nah hadist tersebut menjelaskan bahwa Islam tidak pernah melupakan atau menyepelekan urusan kesehatan gigi dan mulut.
Bagaimana sih caranya agar masyarakat dapat mengetahui pentingnya menjaga kebersihan gigi terkhusus pada remaja dan anak-anak? yaitu kita dapat melakuan sosialisasi terhadap remaja dan anak-anak bagaimana pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut melalui pemutaran video edukasi terhadap remaja dan anak anak baik di lingkungan sekolah-sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal.

Bagaimana cara menggosok gigi yang benar, cara merawat gigi agar tidak terkena sakit gigi, dan tidak menimbulkan bau yang tidak.Adapun tips cara menyikat gigi yang baik dan benar yaitu:

1. letakkan kepala sikat gigi pada gigi, kemudian miringkan sampai dengan 45 derajat hingga sejajar dengan gusi. Gerakkan sikat gigi dengan gerakan memutar. Lakukan gerakan berulang kali pada semua permukaan gigi.

2. Sikat bagian depan dari setiap gigi.

3. Lakukan pengulangan langkah yang ke dua pada semua permukaan gigi. Kemudian gosok hingga merata di bagian samping kanan dan kiri.

4. Penting juga menyikat gigi geraham. Jangan sampai dilewatkan karena kita menggunakan bagian gigi ini untuk mengunyah.

5. Membersihkan bagian dalam permukaan gigi, miringkan sikat dan buat beberapa gerakan memutar kecil dengan bagian depan sikat.

6. sikat lidah.
Menyikat lidah dapat membantu menyegarkan napas dan membersihkan mulut dari bakteri.

Penulis : Chaerunnisa M
Mahasiswi Kesehatan masyarakat, Promosi Kesehatan.
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

0 Komentar