Andi Kartini Paparkan Inovasi Pemerintah Kabupaten Sinjai Turunkan Angka Stunting


MAKASSAR , Sulselpos.id - Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong memaparkan berbagai inovasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dalam mempercepat penurunan angka stunting di Hotel MaxeOne Makassar, Kamis (25/5/23)

Andi Kartini menyampaikan beberapa inovasi Pemkab Sinjai untuk mempercepat penurunan stunting di hadapan tim penilai dan peserta penilaian kinerja aksi konvergensi pencetan penurunan stunting tingkat provinsi Sulawesi Selatan  tahun 2023
 

Ia juga sebagai ketua tim percepatan penurunan stunting ( TPPS ) kabupaten Sinjai menyampaikan upaya percepatan penurunan stunting di kabupaten Sinjai dilakukan dengan metode kolaborasi antar lembaga dan organisasi perangkat daerah ( OPD ). Kolaborasi ini diharapkan mampu mempercepat penurunan angka stunting. Begitupun dengan inovasi yang tercipta, semua berkat kolaborasi dan kerjasama yang baik.

Selanjutnya, Andi Kartini juga menyampaikan "inovasi Pemkab Sinjai dalam menurunkan angka prevalensi stunting yaitu (bunda stunting bersinergi dan berkolaborasi untuk Sinjai jaya bebas penting). Program ini merupakan kolaborasi bersama tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kabupaten Sinjai." Ujarnya.

Tidak hanya itu Andi Kartini juga menyampaikan Inovasi inovasi lainnya, "Saya juga akan menyampaikan inovasi yang bermanfaat untuk ibu hamil, yaitu ronda bumil pendamping program bumil (pendamping terpadu lintas program bumil). Program ini merupakan kolaborasi kementerian agama (Kemenag) dan aparat desa," jelasnya

Lebih lanjut dia mengatakanInovasi berikutnya, teman karib ( temukan masalah ibu hamil dengan kartu ibu ). Inovasi selanjutnya cake kebun ( cake dari kelor dan labu kuning ).

Lalu ada inovasi Madeceng (masyarakat desa cegah tanting) dan terakhir ada inovasi si bantu lo ( Sinjai bebas tanting dengan daun kelor).

Sementara itu, salah satu tim penilai pada kegiatan tersebut, Febrianti mengapresiasi inovasi pemkab Sinjai.

 " Inovasi pemkab Sinjai dalam rangka mempercepat penurunan stunting sangat baik. Inovasi Pemkab dalam hal penambahan protein bagi anak-anak yang beresiko stunting sangat bagus karena olahan makanannya bersumber dari makanan yang ada di senja yang merupakan ciri khas dan kearifan lokal Sinjai," Ungkapnya.

Fira

0 Komentar