Semangat Kebersamaan di Acara Buka Puasa Bersama LA MACCA UPI


BANDUNG, Sulselpos.id - Buka puasa bersama seolah sudah menjadi tradisi sebagian besar orang Indonesia. Rasanya tak lengkap melewati hari-hari di bulan Ramadan tanpa mengadakan atau menghadiri acara buka bersama (Bukber).

Acara ini juga menjadi ajang reuni atau temu kangen dengan keluarga Kerukunan Keluarga Mahasiswa Sulawesi (La Macca UPI), teman, atau kerabat terdekat. Poin plusnya, suasana terasa lebih hangat karena bisa berbincang sambil berbuka puasa.

Selain itu, panitia Bukber juga mengundang mahasiswa yang berada di sekitar Masjid Al Furqon UPI. Ini memberi pesan bahwasanya, membantu atau memberi sedekah itu tanpa pandang bulu.

“Tadi sebelum acara bukber dimulai, dibuka dengan lantunan ayat suci Al Qur’an oleh Iswan Rahman dan setelahnya dilanjutkan oleh sambutan oleh sambutan dari pengurus dan diisi dengan pengajian,” ujar Randiwan, Ketua Umum La Macca, Ahad (2/4/2023).

“Bukber ini sebagai sarana silaturahmi dan semakin mengakrabkan para mahasiswa La Macca UPI. Sebab disadarinya, silaturahmi dan keakraban yang terjalin, merupakan modal penting dalam meguatkan keakraban dan semangat kebersamaan,” jelasnya menambahkan.

Sementara, Akbar dalam tausiahnya mengajak semua orang yang berpuasa untuk menjaga hal-hal yang membatalkan puasa diantaranya dusta atau fitnah.
Pada kesempatan itu, Akbar juga berharap tradisi buka puasa bersama di bulan suci Ramadan terus dilaksanakan untuk meningkatkan tali silaturahmi baik antar sesama mahasiswa khususnya mahasiswa Sulawesi.

“Rutinitas sebagai mahasiswa tidak menjadi penghalang untuk tetap beribadah di sepanjang bulan ramadan tahun ini, terutama dalam menjalankan ibadah puasa. Justru puasa ini merupakan sarana pendidikan dan pilihan untuk membentuk mahasiswa yang jujur dan bertanggung jawab atas tugas dan kewajibannya, baik kepada manusia dan Allah SWT,” ucapnya.

Imma

0 Komentar