Delegasi Raja-raja Nusantara Dukung SPPGI Kembangkan Komoditi Gaharu Bangun Ekonomi Rakyat


JAKARTA, Sulselpos.id - Dewan Pimpinan Pusat Pengurus Serikat Petani dan Pengusaha Gaharu Indonesia (DPP SPPGI) Periode 2023-2028 resmi dikukuhkan di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (12/2/23).

H. Syamsu Alam dan Faiz Abdillah Bagis masing-masing menjabat sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Serikat Petani dan Pengusaha Gaharu Indonesia (SPPGI).

Kegiatan ini, mengangkat tema Bangkitlah Wahai Petani Gaharu, Majulah Wahai Pengusaha Gaharu, Karena Gaharu Indonesia Maju Karena Gaharu Dunia Harum.

Pengurus SPPGI Periode 2023-2028 resmi dikukuhkan oleh Ketua Dewan Pembina sekaligus Dewan Pengawas Dr. H. Mursalin, SH., M.Si.

Ketua Umum SPPGI, H. Syamsu Alam dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran SPPGI sebagai wadah untuk merangkul dari bawah sampai ke atas. 

"Baik petani Gaharu, Pengusaha Gaharu dan Konsumen. Hadirnya SPPGI juga sebagai pion untuk mengembangkan budidaya Gaharu dan pengembangan riset dan teknologi tentang Gaharu," jelasnya.

Lebih lanjut, H. Syamsu Alam meminta untuk terus membangun kerjasama dan inovasi melalui budidaya Gaharu.

Ia menjelaskan bahwa Gaharu merupakan komoditi ekspor dan barang yang mahal dan memiliki peluang ekonomi yang juga dapat menjadi penambah pendapatan devisa negara.

"Dengan bersinergi bersama, kita bisa menjadi penggerak perekonomian melalui budidaya Gaharu di Indonesia. Mari bersinergi bersama mewujudkan cita-cita bangsa," pungkasnya.

Pada kesempatan ini, pengurus SPPGI juga melaksanakan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama dengan berbagai pihak dari Luar Negeri. 

Pelantikan SPPGI Periode 2023-2028 dihadiri oleh puluhan Raja Nusantara se-Indonesia.

Diantaranya, Sultan Cirebon, YM. Jaenudin II Arianatareja, Sultan Paser, YM. Dr. Sultan AMH Andrian Sulaiman SY. MBA, Kerajaan Kotawaringin Kalimantan, YM Gusti Aspani, Kerajaan Padang Panjang, YM Dato Rajo Faiz, Kerajaan Amanatun NTT, dan lain-lain.

Selain itu, turut hadir pula Direktur Perencanaan Infrastruktur, Kementerian Investasi, Moris Nuaimi, S.E., M.T., M.A, Mantan Menteri Kehutanan Dr. (HC) MS. Kaban SE., MM, Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno, S.H, Ustadz Bahtiar Natsir.

Serta sejumlah petani dan pengusaha Gaharu dari berbagai daerah se-Indonesia.

Pardi

0 Komentar