Wakil Bupati Sinjai Memimpin Apel Gelar Pasukan Kesiap-siagaan Penanganan Bencana Alam -->

Wakil Bupati Sinjai Memimpin Apel Gelar Pasukan Kesiap-siagaan Penanganan Bencana Alam

Jumat, 18 November 2022, 13:36
Wakil Bupati Sinjai saat mengecek peralatan 
SINJAI, Sulselpos.id –  Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong memimpin apel gelar pasukan kesiap-siagaan penanganan bencana alam dan pengecekan peralatan SAR di wilayah Kabupaten Sinjai.

Apel ini bertempat di halaman eks kantor Bupati Sinjai yang dihadiri oleh Unsur Forkopimda, Penjabat Sekda Sinjai Andi Jefriyanto Asapa, Pejabat Utama Polres Sinjai, para Kapolsek, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, Kabag dan Camat. Jum'at (18/11/2022).

Kegiatan apel gelar pasukan tersebut diikuti oleh personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP Damkar, Dishub, BPBD, PDAM, Dinkes dan tim relawan bencana alam.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Hj. Andi Kartini Ottong mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum memperkuat kerjasama penanggulangan bencana antar institusi/organisasi melalui ketersediaan peralatan penunjang, peringatan dini evakuasi serta tanggap darurat.

“Kondisi geografis wilayah Kabupaten Sinjai yang terdiri dari pesisir dan pulau-pulau kecil dataran hingga perbukitan dan pegunungan menjadikan sebagai wilayah rawan terjadi bencana seperti banjir, gelombang tinggi tanah longsor, angin kencang, kekeringan serta kebakaran lahan dan hutan,” jelasnya.

Jika tidak diantisipasi dengan baik akan berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat serta dampak kerugian material kehilangan harta benda bahkan bisa berakibat terhadap jatuhnya korban jiwa.

“Kondisi ini tentunya menjadi bahan pemikiran kita bahwa masih diperlukan upaya yang maksimal baik di tingkat daerah desa dan kelurahan hingga masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Sinjai Akbp Rachmat Sumekar, melalui Kasi Humas Polres Sinjai Akp H. Suharto mengatakan, apel ini sebagai wujud kewaspadaan dini dan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi bencana alam diwilayah Kabupaten Sinjai.

"Apel dilaksanakan guna dilakukan pengecekan kesiapan personel maupun peralatan jika sewaktu- waktu terjadi bencana alam di Sinjai," Ujarnya.

“Apel siaga bencana sebagai kesiapan dini antisipasi kejadian bencana alam yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi di wilayah Kabupaten Sinjai, untuk itu diakukan pemeriksaan baik personel maupun peralatan,” Pungkasnya.

Selesai apel gelar pasukan, dilanjutkan dengan melakukan pemeriksaan kesiapan personel maupun sejumlah peralatan SAR seperti perahu karet, peralatan dapur umum, kendaraan evakuasi, peralatan medis, alat berat dan sebagainya.

Pardi

TerPopuler