Peringati HMPI Prodi Pendidikan Biologi Unismuh Ajak Masyarakat Ibadah Dengan Menanam Pohon


GOWA, Sulselpos.id - Memperingati hari menanam pohon Indonesia Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) mengajak masyarakat yang ada di Desa Bissoloro, Kabupaten Gowa ibadah dengan menanam pohon, Selasa (29/11/2022).

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati hari menanam pohon Indonesia ini mengangkat tema "Gerakan Menanam Pohon Untuk Mewujudkan Indonesia Hijau".

Hutan merupakan salah satu komponen lingkungan yang memiliki peranan penting bagi kehidupan. Hutan merupakan pemasok oksigen terbesar yang mendukung kelangsungan hidup seluruh makhluk yang ada di bumi. Hutan juga sebagai filter penyerap karbon dioksida terbaik yang memastikan udara di sekitar kita bersih dan layak untuk dihirup.

Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Andi Adam mengatakan hutan merupakan paru paru bumi namu masyarakat saat ini semakin mengabaikan kelestarian hutan.

"Hutan sering disebut paru paru bumi yang menjadi sumber kehidupan. Sayangnya, kian hari masyarakat semakin mengabaikan pentingnya menjaga kelestarian hutan. Ini bisa dilihat dari banyaknya kasus kebakaran hutan yang dilakukan oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab," ucapnya.

Selain itu Ketua Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unismuh, Rahmatia mengatakan peringatan hari menanam pohon Indonesia merupakan upaya mengantisipasi perubahan iklim global, mencegah degradasi, deforestasi serta mencegah kerusakan lingkungan lainnya.

"Peringatan hari menanam pohon Indonesia (HMPI) merupakan upaya mengantisipasi perubahan iklim global, mencegah degradasi (menurunnya daya dukung lingkungan), mencegah deforestasi (peristiwa hilangnya hutan alam beserta atributnya yang diakibatkan penebangan di hutan), serta mencegah kerusakan lingkungan lainnya, yang dapat mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan," ungkapnya.

Pembina Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO), Muhammad Wajdi mengungkapkan bahwa pohon yang ditanam adalah pohon yang memiliki nilai ekonomi yang ditanam di Hutan Binaan UNISMUH serta kegiatan menanam pohon menjadi program rutin dari Prodi Biologi dan juga Himpunan Mahasiswa Biologi.

"Pohon produktif yang kami tanam memiliki nilai ekonomi seperti pohon mangga, rambutan, Bidara dan lain sebagainya. Bibit ini ditanam pada daerah binaan hutan Universitas Muhammadiyah Makassar yang dilaksanakan sebagai program rutin yang dilakukan bersama oleh Prodi Biologi dan juga Himpunan Mahasiswa Biologi," terangnya.

Ia melanjutkan bahwa kegiatan ini juga dirangkaikan dengan literasi lingkungan kepada masyarakat dan berharap masyarakat menjadikan menjaga lingkungan sebagai ibadah.

"Kami juga melakukan kegiatan literasi lingkungan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan bersama dengan tim dari prodi pendidikan biologi, kami berharap masyarakat bisa merasa dengan menjaga lingkungan merupakan ibadah, bukan hanya sekedar menanam. Menanam pohon selain untuk kehidupan dan penghidupan juga bisa mendapatkan pahala," lanjutnya.

Program Studi Biologi FKIP UNISMUH ini telah memulai kampanye menanam pohon atau Go Green sejak tahun 2016 yang bekerja sama dengan beberapa lembaga mitra, Prodi Biologi FKIP UNISMUH tercatat sudah beberapa kali melakukan kegiatan penanaman pohon mangrove di Putondo Takalar.

Asrul

0 Komentar