DPD RPI Bone Menggelar Workhsop Dongeng dan Read Aloud, Mirfayani Mirsal : Wujudkan Kabupaten Literasi


BONE, Sulselpos.id - Dibuka oleh Sekda Bone, Workshop Dongeng dan Read Aloud dengan tema "Meningkatkan Minat dan Budaya Baca Sejak Dini Dengan Dongeng dan Red Aloud" Sukses digelar DPD RPI Bone.

Kegiatan Workshop tersebut adalah bagian dari rangkaian program Gerakan Literasi Bone yang diinisiasi oleh DPD RPI Bone yang dilaksanakan di Aula Gedung Perpustakaan di Green Epicentrum Watampone, Rabu (2/11/2022).

Andi Sinar Alam, Ketua DPD RPI Bone menyampaikan keprihatinannya akan tingginya angka buta aksara  serta rendahnya minat dan daya baca di kabupaten Bone, terkhusus pada anak usia dini. Kegiatan ini akan kami laksanakan di 27 Kecamatan di Kab. Bone secara bertahap

Sekertaris Daerah Kabupaten Bone, Drs. H Andi Islamuddin dalam sambutannya sangat mengapresiasi langkah dari RPI dalam menggalakkan gerakan literasi di Kabupaten Bone.

"Program ini luar biasa, literasi sangat diperlukan untuk peningkatan sumber daya manusia terkhusus di Kabupaten Bone. Dengan workshop dongeng dan read aloud ini bisa meningkatkan kapasitas guru TK/PAUD dan SD untuk meningkatkan minat baca anak-anak, sehingga anak anak tidak lagi kecendrungan bermain hp. Saya berharap ini bukan pertemuan pertama dan terakhir, kelanjutan dari program ini akan kita diskusikan bersama," ujarnya.

Pegiat literasi Sulawesi Selatan yang juga Pengurus Pusat RPI, Mirfayani Mirsal dalam sambutannya berharap agar program Gerakan Literasi Bone yang dimulai dengan pengenalan literasi untuk anak usia dini melalui workshop dongeng dan Read Aloud, bisa memberikan vibrasi semangat para guru TK/PAUD dan SD, pegiat literasi menjadi  pilot project perubahan gerakan literasi yang mampu meningkatkan SDM masyarakat Bone, guna peningkatan indeks literasi, minat dan budaya baca di Kabupaten bone.

"Semoga kegiatan ini bisa menjadi salah satu cara sehingga Kabupaten Bone  bisa menjadi Kabupaten /Daerah Literasi.Mari bersama sama kita wujudkan Bone  menjadi kabupaten literasi. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi," tutup Mirfayani Mirsal yang juga Founder Rumah Dongeng Sinjai.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekda Bone, Kepala dinas Perpustakaan dan kearsipan daerah beserta jajarannya serta peserta workshop dari beberapa utusan sekolah.

Wiwi

0 Komentar