Sukses Gelar Sekolah Advokasi, DEMA FST UINAM Bekali Mahasiswa Strategi dan Kesadaran Hukum

Pengurus Fakultas Saintek dan peserta Sekolah Advokasi
GOWA, Sulselpos.id - Dewan Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (DEMA FST) UIN Alauddin Makassar (UINAM) Sukses menggelar kegiatan Sekolah Advokasi di Villa Gunung Sari Malino Kelurahan Bulutana, Kecamatan Tinggi moncong yang berlangsung selama tiga hari.

Mengusung tema "Membangun jiwa advokasi sebagai upaya pengembangan sifat kritis dan responsif mahasiswa sebagai agent perubahan". Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 7-9 Oktober 2022.

Kegiatan Sekolah Advokasi  merupakan salah satu bentuk program pengaplikasian dari bidang humas dan advokasi DEMA FST Periode 2022. 

Koordinator Steering Kegiatan Arfa berharap dengan diadakannya kegiatan ini peserta dapat mengetahui riset advokasi.

"Peserta harus mengetahui data-data untuk menemukan data-data dan informasi terkait isu, masalah ataupun kebijakan guna melakukan suatu perubahan, mampu mengetahui dan memahami terkait advokasi dan jenis-jenisnya, bagaimana langkah-langkah mengadvokasi, serta teknik-teknik dan proses merancang riset advokasi," ujarnya.

Acca selaku koordinator bidang menyampaikan bahwa, kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk pelopor perubahan untuk meningkatkan kepekaan terhadap kebijakan yang tidak sesuai

"Saya berharap dengan terlaksananya kegiatan sekolah advokasi ini bisa menjadi wadah bagi mahasiswa terlebih lagi yang aktif sebagai peserta diforum agar dapat lebih meningkatkan jiwa kritis, integritas dan kepekaan terhadap suatu kebijakan yang tidak sesuai atau menimpang dan juga sebagai jalan untuk menjadi salah satu pelopor perubahan," katanya.

Sementara itu Wahidil selaku Ketua umum Dema FST  berharap kepada peserta untuk memperluas wawasan dan menciptakan mahasiswa berjiwa aktifis melalui kegiatan ini.

"Tujuan kami melaksanakan sekolah advokasi agar mahasiswa² dapat memperluas wawasan tentang advokasi dan menciptakan mahasiswa-mahasiswa yg kritis berjiwa aktifis dan peka terhadap problematika yg ada," ujarnya.

"Sekolah Advokasi ini juga memberikan pemahaman terhadap mahasiswa tentang strategi dan proses advokasi dan meningkatkan kesadaran hukum kepada mahasiswa Sains dan Teknologi," pungkasnya.

Diketahui Peserta kegiatan tersebut dihadiri oleh 6 jurusan diantaranya Teknik Arsitektur, Kimia, Sistem Informasi, Ilmu Peternakan, Teknik Informatika dan Matematika.

Ims

0 Komentar