Prodi Pendidikan Jasmani FKIP Universitas Megarezky Laksanakan Sosialisasi Kepada Siswa SMA


MAROS, Sulselpos.id - Program Studi (Prodi) Pendidikan Jasmani Angkatan 2019 kelas B dan C Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Megarezky melaksanakan sosialisasi “Penerapan Nilai-Nilai Olahraga dalam Menekan Kriminalitas Remaja” di SMA Negeri 14 Kabupaten Maros, Rabu (03/08/22).

Kegiatan ini merupakan tugas final mata kuliah Psikologi Penjas dan Olahraga yang diampuh oleh Dosen Wahyu Munandar.

Dimana Kegiatan ini mendapat apresiasi yang sangat baik oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 14 H. Nikmat dengan memberikan izin melaksanakan kegiatan di salah satu kelas Matematika dan Ilmu Alam (MIA). 

Kegiatan berlangsung dengan tertib dimana beberapa siswa MIA memberikan beberapa pertanyaan sesuai dengan tema yang saat ini menjadi isu-isu viral dalam dunia pendidikan dimana banyak terdapat tindakan kriminalitas yang pelakunya notabene adalah para pelajar itu sendiri. 

Wahyu Munandar menyampaikan bahwa Tema ini sengaja diangkat agar memberikan pemahaman kepada para siswa agar memiliki serta menumbuhkan minat berolahraga karena didalamnya terdapat nilai-nilai seperti kerjasama, komunikasi, menghargai, respect, komunikasi, fairplay, kerja keras, ketekunan, dll yang dapat ditumbuhkan dalam diri para remaja. 

"Ketika remaja memiliki minat dalam suatu cabang olahraga maka diharapkan nilai-nilai yang terkadung didalamnya akan senantiasa terpupuk seiring dengan kontinuitas dari program kegiatan berolahraga," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dirinya mengatakan bahwa nilai-nilai olahraga yang terpupuk diharapkan dapat terinternalisasi kedalam diri para remaja sehingga akan menumbuhkan karakter yang kuat dan pantang menyerah.

"Hal ini sangat dibutuhkan oleh para remaja kita dalam menjawab tantangan-tantangan dalam setiap jenjang pendidikan yang semakin menuntut tidak hanya kompetensi pada suatu bidang tertentu tetapi bagaimana karakter individu dapat memberikan gambaran kepribadian yang baik sehingga menjadi point plus ketika seseorang berada dalam suatu lingkungan kerja," terangnya.

Hal inilah yang mendorong Wahyu Munandar sebagai pengampuh mata kuliah Psikologi Penjas dan Olahraga memberikan tugas final dengan berinteraksi langsung dengan para remaja yang dalam hal ini diwakili oleh siswa/i tingkat atas.

"Agar mereka memiliki minat dan mampu menumbuhkan minat berolahraga tersebut sehingga nilai-nilai yang terkandung didalamnya senantiasa terpupuk sehingga mampu membentuk karakter yang kuat dan pantang menyerah terkhusus bagi para siswa/i SMA Negeri 14 Maros," harapnya.

Haeril

0 Komentar